Galakkan Pendampingan Anak Stunting, Pemkot Kendari Buahkan Hasil Signifikan

Siti Nabila, telisik indonesia
Rabu, 24 Juli 2024
0 dilihat
Galakkan Pendampingan Anak Stunting, Pemkot Kendari Buahkan Hasil Signifikan
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg. Fauziah. Foto: ist

" Program orang tua asuh yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari rupanya membuahkan hasil "

KENDARI, TELISIK.ID - Program orang tua asuh yang diinisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari rupanya membuahkan hasil.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Fauziah menyebut sejumlah anak balita mengalami perubahan yang baik.

“Alhamdulillah progresnya baik, banyak yang tadinya tinggi badannya hanya sekian, setelah kita intervensi ada kenaikan," ujarnya usai menghadiri Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di SD Kuncup Pertiwi, Selasa (23/7/2024) pagi.

Baca Juga: Mokole Raja Konawe ke 34, Lukman Abunawas Minta Tak Terprovokasi Isu SARA

"Termasuk ibu hamil ada pertambahan berat badan, kalau sudah lahiran kita akan pantau lagi bayi nya,” tambahnya.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. Foto: ist

 

Lebih lanjut, Fauziah membeberkan, ada sebanyak 133 balita stunting yang menjadi perhatian khusus Pemkot Kendari lewat Program Orang Tua Asuh. Sedangkan untuk ibu hamil atau bumil ada 70 orang.

“Mereka ini setiap bulan kita suplai makanan bergizi, seperti telur, susu dan beras. Kan anak-anak merupakan harapan bangsa, aset bangsa, kalau tidak diperhatikan gizinya semenjak dia didalam perut maupun setelah lahir sampai umur dewasa, bisa saja pertumbuhannya stunting,” ungkap drg. Fauziah.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menuturkan, melalui program Orang Tua Asuh bagi balita yang terkena stunting mampu menurunkan angka stunting di Kota Kendari.

Suasana pemeriksaan kesehatan anak di Balai Kota Kendari. Foto: ist

 

“Alhamdulillah kita sudah melakukan intervensi. Intervensi ini berupa pemberian makanan yang bergizi buat anak-anak, ibu hamil dan perbaikan lingkungannya,” terang Yusup.

Terkait hal ini, Yusup mengharapkan, dinas terkait terus melakukan pengawasan langsung terkait pengecekan terhadap penanganan anak-anak yang terkena stunting dan ibu hamil.

“Kita harapkan dinas terkait bisa melakukan pengecekan secara langsung itu seminggu sekali terkait perkembangan dari anak-anak yang terkena stunting maupun ibu hamil,” tambahnya.

Muhammad Yusup juga mengajak TNI dan Polri untuk terlibat menjadi bapak asuh bagi anak-anak yang terkena stunting.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menyerahkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Kendari. Foto: ist

 

Hal senada diungkapkan Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala. Menurut Sekda, pentingnya pemahaman akan stunting di kalangan masyarakat dan bagaimana upaya penanggulangannya.

“Saya berharap kita semua paham akan stunting dan bersedia berperan aktif dalam upaya pencegahan serta penanggulangannya,” papar Jenderal ASN Kota Kendari tersebut.

Salah satu titik fokus dalam rapat tersebut, adalah menjadikan program penurunan stunting sebagai alat efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Kemampuan Personel Humas Polda Sultra Ditingkatkan Kawal Pilkada 2024, Target Akun Medsos Centang Biru

Kemudian, dengan mengidentifikasi target-target spesifik, diharapkan upaya ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam mengurangi angka stunting di Kota Kendari.

“Penurunan angka stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab kita semua,” tambahnya.

Melalui kolaborasi yang solid dan komitmen yang kuat dari semua pihak, diharapkan Kota Kendari dapat menjadi contoh yang menginspirasi dalam upaya penurunan angka stunting. (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga