Gandeng UGM, Pemkab Muna Siapkan Beasiswa S1, S2 dan S3

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
Gandeng UGM, Pemkab Muna Siapkan Beasiswa S1, S2 dan S3
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng meneken MoU. Foto: Ist.

" Pemkab Muna menggandengan UGM Yogyakarta di bidang pendidikan, Litbang, pengabdian masyarakat dan bidang lainnya sesuai kebutuhan daerah "

MUNA, TELISIK.ID - Pemkab Muna menggandengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dibidang pendidikan, penelitian pengembangan (Litbang), pengabdian masyarakat dan bidang lainnya sesuai kebutuhan daerah.

Hal itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Muna, LM Rusman Emba dengan Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng, Selasa (28/12/2021).

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, untuk pendidikan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran di tahun 2022 untuk beasiswa S1, S2 dan S3.

Program S1 untuk umum, sedangkan S2 dan S3 khusus aparatur sipil negara (ASN).

"Untuk S3 jumlahnya terbatas minimal 6 orang, sedangkan S1 dan S2 tidak terbatas yang disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah," kata Rusman.

Baca Juga: Respon Keluhan Warga, Wabup Konsel Sidak Disdukcapil

Calon penerima beasiswa S1 nantinya, akan diseleksi. Tentunya berdasarkan prestasi, masyarakat tidak mampu dan jurusan yang dibutuhkan Pemkab.

"Calon penerima beasiswa akan diseleksi di BKPSDM," sebutnya.

Baca Juga: Antisipasi Stunting, Dinkes Konawe Ungkap Ciri dan Cara Mengatasinya

Dengan adanya kerja sama ini, menurutnya, sangat membantu Pemkab. Permasalahan yang dihadapi akan bisa diselesaikan. Apalagi, UGM akan mengutus para mahasiswanya untuk melakukan kuliah kerja nyata (KKN) yang dipusatkan di kawasan transmigrasi Muna Timur Raya (Mutiara) terhadap pengembangan empat komuditas unggulan yang meliputi, mete, jagung, kepala dan sapi.

Sementara itu, Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng menyampaikan apresiasi terhadap inisiasi Pemkab yang telah membangun kerja sama.

Kata dia, UGM akan membantu apapun yang dibutuhkan Pemkab Muna yang menyangkut pendidikan, penelitian, penanganan kebencanaan dan infrastruktur.

"Kita sangat berterima kasih dan akan terus membantu apa yang dibutuhkan Pemkab," tandasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga