Lansia di Konsel Dilarikan ke RSUD Usai Vaksin

Ashar Hamka, telisik indonesia
Sabtu, 09 April 2022
0 dilihat
Lansia di Konsel Dilarikan ke RSUD Usai Vaksin
Meski tengah memasuki bulan suci ramadan, tapi giat vaksinasi tetap terus dilakukan di sejumlah daerah di kecamatan. guna untuk menurunkan level PPKM di Konsel, kali ini menyasar para lanjut usia. Foto: Ist

" Plt Kepala Dinkes Konsel, dr Boni Lambang Pramana menegaskan, jika pemberian vaksinasi terhadap lansia berusia 64 itu sudah sesuai prosedur "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Tak ingin terus menjadi bola liar. Dinas Kesehatan Konawe Selatan (Konsel) segera mengklarifikasi informasi yang beredar jika seorang Ibu bernama Riy, warga asal Desa Watudemba, Kecamatan Palangga yang dibawa ke RSUD Konsel, guna untuk mendapatkan perawatan. Usai mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19, Jumat (8/4/2022) lalu.

Plt Kepala Dinkes Konsel, dr Boni Lambang Pramana menegaskan, jika pemberian vaksinasi terhadap lansia berusia 64 itu sudah sesuai prosedur. Di mana tim vaksinasi Puskesmas Kecamatan Palangga telah melaksanakan screening terlebih dahulu. Dan Ibu Riy, direkomendasikan untuk vaksin.

“Vaksin yang diberikan pada Nyonya R di hari Jumat pukul 10.00 Wita kemarin, adalah vaksin pfizer dosis 1," jelasnya.

Dalam screening itu, memang terdapat penyakit kronis yang pernah diderita Ibu Riy, membuatnya sangat rentan sehingga disarankan untuk vaksin.

“Tentunya pemberian vaksinasi pada Nyonya R, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat penyakit COVID-19,” ungkap Dokter Boni.

Baca Juga: Pj dan Kades Terpilih di Muna Dilarang Ganti Perangkat Desa

Usai mendapat vaksinasi dan pelaksanaan kegiatan vaksinasi telah berakhir. Petugas Puskesmas Palangga mendapat laporan mengenai kondisi pasien, di mana sekitar pukul 19.00 Wita, petugas di puskesmas beserta Satgas kecamatan membawa pasien Ibu R ke IGD RSUD Konsel. Guna mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Dokter dan tim IGD RSUD Konsel, pasien diperiksa. Di mana, pasien mengalami gangguan lambung dan anemia karena penyakit lamanya. Selanjutnya pasien ditangani dengan diberikan pengobatan yang adequat," terangnya.

Saat ini kata dr Boni, pasien dirawat inap dan dalam kondisi stabil. Sambil dilakukan penanganan lanjutan.

Baca Juga: Kisah Ari, Pantang Menyerah Ikut Tes Polisi hingga Tiga Kali: Sudah Cita-Cita Sejak Kecil

“Jadi bukan diakibatkan karena pemberian vaksinasi. Kami harap keluarga dan masyarakat tenang, Nyonya R telah ditangani oleh dinas kesehatan sampai kondisinya sehat kembali, dan kita doakan semoga pasien dapat segera sehat," tegasnya.

Kendati pihaknya mendapatkan kejadian seperti itu, dr Boni berujar Satgas COVID-19 Konsel tetap mengajak masyarakat untuk antusias dan berpartisipasi aktif melaksanakan vaksinasi dosis ke 2 dan vaksinasi lansia. Serta vaksinasi booster agar masyarakat makin terlindungi dan level PPKM Konsel dapat turun ke level 2. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga