Ganjar Pranowo Penerus Jokowi, Ini Kata Relawan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 01 November 2022
0 dilihat
Ganjar Pranowo Penerus Jokowi, Ini Kata Relawan
Sutrisno Pangaribuan bersama dengan kelompok masyarakat di Kota Medan. Foto: Ist.

" Relawan Ganjar Pranowo di Provinsi Sumatera Utara akan fokus memenangkan pilihan mereka di pemilihan presiden (pilpres) yang akan berlangsung di tahun 2024 mendatang "

MEDAN, TELISIK.ID - Relawan Ganjar Pranowo di Provinsi Sumatera Utara akan fokus memenangkan pilihan mereka di pemilihan presiden (pilpres) yang akan berlangsung di tahun 2024 mendatang.

Itu ditegaskan oleh Sutrisno Pangaribuan, Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) relawan yang tergabung dalam Dulur Ganjar Pranowo (DGP), kepada sejumlah awak media, Selasa (1/11/2022), di Medan.

Politisi PDIP Provinsi Sumatera Utara ini mengaku bahwa seluruh relawan akan bekerja dan fokus memenangkan pilihannya dari pelosok daerah yang ada.

"DGP dan kelompok relawan Ganjar Pranowo akan terus bergerak door to door, lorong ke lorong, dusun ke dusun, desa ke desa, untuk memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden," ucap Sutrisno Pangaribuan.

Anggota DPRD Sumatera Utara periode 2014-2019 ini menegaskan bahwa proses kerja sama antar partai politik dalam mengusung dan mendukung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 akan dipercayakan sepenuhnya kepada kelompok partai politik.

"DGP juga tunduk dan patuh sepenuhnya kepada pesan Jokowi, Ojo Kesusu, jangan sembrono, jangan grasa-grusu, DGP dan kelompok relawan Ganjar Pranowo akan mengerjakan bagiannya, kelompok partai politik juga silakan mengerjakan bagiannya masing-masing," tambahnya.

Ditambahkan Sutrisno, agar tercipta situasi yang kondusif dalam kehidupan politik bangsa, maka DGP mengajak seluruh relawan juang Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 untuk terlibat dalam gotong royong nasional bersama pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan kebangsaan, terutama dalam masa transisi dari pandemi ke pandemi COVID-19.

"Ayo kita sama-sama bekerja untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden periode 2024 mendatang," tuturnya.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Dukungan Masyarakat untuk PDIP dan Gerindra Naik

Relawan yakin bahwa Ganjar Pranowo akan dicalonkan sebagai Calon Presiden 2024 oleh partai politik maupun gabungan partai politik.

"Jadi, fokus relawan yaitu untuk menyampaikan hal-hal positif, prestasi, dan pengalaman dari Ganjar Pranowo, baik sebagai anggota DPR RI, maupun sebagai Gubernur Jawa Tengah. Hal tersebut jauh lebih penting daripada menghabiskan waktu untuk mencari hal-hal negatif dari kandidat lain," kata Sutrisno.

Selanjutnya, relawan harus membangun sinergitas di antara sesama kelompok relawan juang dalam memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

"Menyampaikan kepada masyarakat bahwa Ganjar Pranowo adalah penerus Jokowi, sehingga ada kepastian untuk melanjutkan program-program yang telah dirasakan oleh masyarakat," tegasnya.

Menurutnya, relawan secara bersama-sama harus melakukan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat tentang pemilu, sehingga partisipasi politik warga akan meningkat di tahun 2024.

Selanjutnya, menampung aspirasi masyarakat untuk dijadikan masukan kepada Ganjar Pranowo, baik berupa usulan program maupun usulan orang-orang yang dapat dijadikan kandidat wakil presiden maupun kandidat menteri yang akan membantu di kabinet.

"Selalu mengutamakan persatuan Indonesia, menghindari penggunaan politik identitas, sentimen primordial berbasis SARA, serta narasi-narasi kebencian. Pemilu sejatinya sebagai pesta demokrasi, sehingga harus mendatangkan kegembiraan, sukacita, dan harapan baru bagi Indonesia," akunya.

Menurut Sutrisno, Pemilu 2024 akan semakin berkualitas, jika semua anak bangsa berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan maupun kelompok.

"Kemenangan dalam pemilu itu penting, namun yang terpenting bahwa persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia tetap terjaga," terangnya.

Sabar Mangadu Tambunan, Penasehat Dulur Ganjar Pranowo menambahkan bahwa tahun 2024 akan berlangsung pilpres. Selain itu, akan bersamaan dengan pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

"Maka dapat dipastikan, seluruh mesin partai, elit, kader, maupun simpatisan akan konsentrasi untuk meningkatkan perolehan suara dan kursi legislatif. Maka akan ada kekosongan mobilisasi dukungan dalam upaya memenangkan pasangan calon presiden/wakil presiden. Kekosongan itulah yang kemudian harus kita isi secara bersama, sehingga relawan bersama partai politik sejatinya bergotong royong, bahu membahu untuk memenangkan Pemilu 2024," ucapnya.

Dulur Ganjar Pranowo menyadari bahwa kemenangan tertinggi dalam pertarungan pemilu 2024 adalah kemenangan Ganjar Pranowo sebagai presiden dan mendudukkan orang-orang baik di legislatif (DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi/kabupaten/kota) sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Melirik Deklarasi Koalisi NasDem, PKS dan Demokrat 10 November

"Untuk itu, DGP akan bekerja keras untuk ikut memenangkan caleg-caleg dari kelompok partai politik dan perseorangan pendukung Ganjar Pranowo. Dalam kesadaran itu, maka kelompok relawan dan kelompok partai politik seharusnya jangan saling bawa perasaan (baper)," tuturnya.

Upaya relawan memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden tentu menjadi bagian dari proses demokrasi yang sah. Hal yang sama juga pernah dilakukan di tahun 2014 dan 2019 kepada Jokowi, bahkan jauh lebih masif.

"Sepanjang aktivitas relawan tidak mengganggu stabilitas, pertahanan dan keamanan negara dan tidak melanggar hukum, maka relawan tidak perlu dilarang oleh siapapun, pun disalahkan dalam kehidupan politik yang semakin dinamis. Relawan Ganjar Pranowo, sebagaimana relawan Jokowi di Pemilu 2014, dan 2019, meyakini bahwa partai-partai politik pengusung dan pendukung Ganjar Pranowo akan memenangkan Pemilu 2024," tambahnya.

DGP bersama seluruh relawan juang Ganjar Pranowo memberi Garansi 100 persen untuk itu. Partai politik maupun gabungan partai politik pendukung, pengusung Ganjar Pranowo di Pemilu 2024, adalah saudara bagi relawan.

"Maka dibutuhkan kesediaan untuk saling mengakui dan saling menerima. Persaudaraan yang kuat hanya dapat diwujudkan melalui kemauan dan kerendahan hati untuk saling mengakui dan saling menerima," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga