Gedung SDN 2 Lawa Rusak Parah, Pemda Muna Barat Segera Renovasi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 19 Maret 2024
0 dilihat
Gedung SDN 2 Lawa Rusak Parah, Pemda Muna Barat Segera Renovasi
Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo saat meninjau langsung gedung SDN 2 Lawa yang mengalami kerusakan parah. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Lawa mengalami kerusakan parah, Pemda Muna Barat segera lakukan renovasi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Lawa mengalami kerusakan parah, Pemda Muna Barat segera lakukan renovasi.

Dari pantauan Telisik.id, sekolah yang terletak di Jalan Poros Raha Wamengkoli tepatnya di samping SMP Negeri 1 Lawa mengalami kerusakan, yaitu di tiang bangunan, plafon di ruang belajar, perpustakaan dan ruang IT.

Salah satu guru SD Negeri 2 Lawa, Wa Haria mengatakan, sejak pertama kali sekolah itu dibangun baru satu kali dilakukan renovasi, tetapi renovasi yang dilakukan tidak keseluruhan.

"Di tahun 2011 yang direnovasi cuma atap, plafon, dan lantai yang awalnya dari ubin menjadi tehel," ujarnya, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga: Jaringan di Muna Barat Masih Jadi Keluhan, Ini Respon Dinas Kominfo

Kemudian saat 2019, plafon di salah satu ruang belajar rusak akibat ditimpah batang kelapa, sehingga menyebabkan plafon bolong. Ia pun mengaku saat 2019 lalu, pihak Dinas Pendidikan telah melakukan survei, tetapi sampai saat ini belum ada realisasi yang dilakukan.

Lebih lanjut, a menyebut, sejak rusaknya plafon ruang kelas belajar itu, jika hujan deras air masuk di dalam ruangan sehingga para siswa harus belajar di luar ruangan atau teras.

Sementara itu, Kepala SDN 2 Lawa, Wa Angge mengatakan, sejak belajar di luar ruangan pihaknya memberikan opsi dengan menggunakan shift dalam proses belajar mengajar.

"Untuk kelas rendah kami masukan di pagi hari, untuk kelas 4, 5 dan 6 kami masukkan di siang hari," ujarnya.

Hal ini dilakukan, kata dia, agar proses belajar mengajar tetap berjalan sesuai biasanya, sebab ruangan yang masih tergolong aman untuk siswa hanya tiga ruang belajar dan kantor guru.

Untuk itu, pihak SDN 2 Lawa mengharapkan secepatnya bantuan renovasi segera dilaksanakan, sehingga para siswa mampu belajar seperti sediakala tanpa harus menggunakan shift.

Baca Juga: Tegaskan TPP Tak Dihapus, ASN Segera Terima April Mendatang

Menanggapi hal ini, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengaku akan segera merenovasi secara utuh gedung sekolah tersebut. Pasalnya, kerusakan yang dialami sangat parah bahkan tiang penyangga keropos atau akan runtuh.

"Segera mungkin akan direnovasi oleh Pemda sebab ini pelayanan dasar," ungkapnya.

Pemda saat ini masih melihat biaya anggaran yang akan dibutuhkan, sebab kalau bersumber dari APBD reguler sudah sangat terlambat sehingga nanti akan dianggarkan di perubahan atau pada APBD 2025 mendatang.

Meskipun begitu, pihak Pemda juga akan berusaha sebaik mungkin memikirkan proses keamanan dan kenyamanan siswa SDN 2 Lawa dalam menerima pembelajaran. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga