adplus-dvertising

Gegara Messi, PSG Terancam Tak Bisa Berlaga di Liga Champions 3 Tahun

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 09 Agustus 2021
11002 dilihat
Gegara Messi, PSG Terancam Tak Bisa Berlaga di Liga Champions 3 Tahun
Gara-gara Lionel Messi, PSG terancam tak bisa tampil di Liga Champions. Foto: Repro Espanol.com

" PSG mengalami defisit 200 juta euro dalam beberapa musim terakhir "

PARIS, TELISIK.ID - Hukuman mengintai Paris Saint Germain (PSG) jika mendatangkan Lionel Messi tanpa menjual pemain-pemain bintang mereka pada bursa transfer musim panas 2021.

Jika PSG ngotot mempertahankan Kylian Mbappe di saat Lionel Messi sudah berada di tengah-tengah mereka, Les Parisiens julukan PSG berpotensi mendapat hukuman larangan tampil di Liga Champions, atau lebih tepatnya di kompetisi antarklub Eropa selama tiga tahun.

Sebelumnya, Marca melaporkan bahwa Barcelona mengajukan protes kepada Federasi Sepakbola Eropa (UEFA). Barcelona menyebut kondisi keuangan PSG tidak lebih baik ketimbang mereka.


Karena itu, Barcelona mengimbau UEFA untuk menyelidiki keuangan PSG. Dalam pandangan Barcelona, saat ini, rasio gaji di PSG melebihi 99%, sementara Barcelona berada di 54%. Ini sangat melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP). Dengan begitu, Barcelona mengklaim aturan FFP juga harus diperhatikan dalam proses perekrutan Lionel Messi ke PSG.

Meroketnya rasio gaji PSG tidak mengherankan. Sebab pada bursa transfer musim panas ini, PSG mendatangkan pemain-pemain top bergaji mahal seperti Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Georginio Wijnaldum dan Gianluigi Donnarumma.

Menurut laporan Marca juga, PSG mengalami defisit 200 juta euro dalam beberapa musim terakhir. Padahal, defisit yang diizinkan FFP hanyalah minus 40 juta euro.

Karena itu demi menyeimbangkan neraca keuangan mereka, menjual pemain berharga mahal seperti Kylian Mbappe dan Angel Di Maria adalah solusinya. Namun, Pelatih PSG Mauricio Pochettino justru mengatakan takkan menjual Kylian Mbappe, meskipun mereka berhasil mendatangkan La Pulga julukan Lionel Messi.

“Saya belum berbicara dengan Lionel Messi. Dan (setiap transaksi) tidak berarti bahwa Kylian (Mbappe) akan pergi,” kata Pochettino, dilansir dari Okezone.com dari Goal Internasional,

Baca Juga: Berlinang Air Mata, Lionel Messi Ucapkan Selamat Tinggal untuk Barcelona

Baca Juga: Ini Deretan Alasan Lionel Messi Memilih PSG

Tentu sangat disayangkan, kehadiran Lionel Messi justru berujung petaka bagi PSG. Karena itu, manajemen PSG mesti putar otak supaya mereka tidak dikenai hukuman oleh UEFA, dalam hal ini FFP.

“PSG sangat jelas ingin mempertahankan para pemain bintangnya (termasuk Mbappe). Hanya saja, PSG bisa mendapatkan sanksi selama tiga tahun. PSG bertekad memenangkan trofi Liga Champions, namun semuanya akan sia-sia jika mereka dikenai sanksi tiga tahun,” tulis salah satu program radio Spanyol, El Transistor, mengutip dari Twitter @MadridXtra.

Semenjak berdiri pada 1970, PSG memang belum pernah juara Liga Champions. Prestasi terbaik mereka hanya menjadi finalis pada 2019-2020. Saat itu di partai puncak, PSG tumbang 0-1 dari Bayern Munich. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga