Gegara Sakit Hati Pria ini Nekat Bakar Musala Hingga Rata dengan Tanah

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Rabu, 17 Maret 2021
0 dilihat
Gegara Sakit Hati Pria ini Nekat Bakar Musala Hingga Rata dengan Tanah
Saddaq (44) pelaku pembakar musala. Foto: Repro Sumsel24

" Dia ini residivis, sudah empat kali keluar masuk penjara, salah satu kasusnya yakni penganiayaan dan kepemilikan senjata tajam. "

PALEMBANG, TELISIK.ID - Seorang pria berusi 44 tahun di Palembang nekat bakar musala gegara sakit terhadap pengurus musala tersebut.

Pria yang bernama M Saddaq itu pun segera diamankan polisi.

"Iya kita mengamankan satu tersangka pembakaran musala. Unit III yang nangkap," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Suryadi, saat dimintai konfirmasi, Rabu (17/3/2021), seperti dikutip dari detik.com.

Kebakaran itu terjadi di musala yang berada di kawasan permukiman padat penduduk, Jalan Depaten Baru, 28 Ilir, Ilir Barat II, Palembang, Kamis (11/3/2021). Kebakaran itu menghanguskan musala hingga rata dengan tanah.

"Mendapat laporan tersebut, kita melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku ini di rumahnya tak jauh jauh dari TKP, tanpa perlawanan," kata Kanit III Jatanras Polda Sumsel, Kompol Junaidi.

Junaidi mengatakan, Saddaq merupakan residivis. Dia disebut pernah dipenjara karena kasus penganiayaan.

"Dia ini residivis, sudah empat kali keluar masuk penjara, salah satu kasusnya yakni penganiayaan dan kepemilikan senjata tajam," ujar Junaidi.

Baca juga: Diduga Over Dosis, Istri Polisi Tewas di THM

Dia mengatakan, Saddaq mengaku sakit hati dengan pengurus musala. Pembakaran itu telah direncanakan sebelumnya.

"Dari keterangan tersangka, ia nekat membakar musala itu hingga rata dengan tanah karena sakit hati dengan pengurus musala," ujarnya.

"Tersangka mengakui ia memang sudah merencanakan pembakaran musala itu sebelumnya. Murni karena dendam yang tak terbendung. Ia melakukan pembakaran dengan bermodalkan korek api dan sebuah sandal bekas," sambung Junaidi.

Saddaq juga membenarkan aksi pembakaran yang dilakukannya itu. Dia mengaku membakar musala dengan membakar sandal jepit lebih dulu.

"Saya diam-diam membakar musala dengan cara membakar sandal jepit dengan sebuah korek api. Saya letakkan di sekitar TKP, perlahan api mulai membakar musala yang terbuat dari kayu berdinding papan itu, setelah itu saya langsung kabur," kata Saddaq di Polda Sumsel.

Dia mengaku kesal karena ditegur pengurus musala usai meminjam bola lampu. Saddaq mengatakan dirinya meminjam bola lampu itu tanpa izin.

"Saya kesal, minjam bola lampu musala tanpa izin. Saya ditegurnya," ujar Saddaq. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga