Geger, Warga Desa Latompe Temukan Ular Sanca Sepanjang 7 Meter

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 23 September 2022
0 dilihat
Geger, Warga Desa Latompe Temukan Ular Sanca Sepanjang 7 Meter
Para petani di Desa Latompe memikul ular sanca untuk dibawa ke pemukiman warga dan kemudian dijual. Foto: Ist.

" Para petani di Desa Latompe, Kecamatan Lawa, menemukan ular sanca batik sepanjang tujuh meter saat hendak membersihkan kebun "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Para petani di Desa Latompe, Kecamatan Lawa, menemukan ular sanca batik sepanjang tujuh meter saat hendak membersihkan kebun.Ular pertama kali ditemukan oleh La Densi, di dalam semak belukar. Penemuan ular diabadikan dalam video oleh warga.

Kepala Desa Latompe, La Ode Sugira mengatakan, para petani menemukan ular itu pada Rabu (21/9/2022) sekitar pukul 09.00 Wita.

"Melihat ada ular berukuran raksasa, La Densi langsung teriak memanggil rekan-rekannya. Saat itu, dia dan delapan orang rekannya langsung melumpuhkan ular itu," ungkapnya, Jumat (23/9/2022).

Ia juga menyebut bahwa di wilayahnya seringkali ditemukan ular sanca dengan ukuran yang bervariasi. Ular sanca itu diduga sering memangsa sapi milik warga.

"Ular inilah yang kemungkinan memangsa 23 ekor sapi milik warga," pungkasnya.

Baca Juga: Jaksa Masuk Sekolah, Hindarkan Anak dari Masalah Hukum

Untuk itu, ia selalu berpesan kepada warganya agar berhati-hati ketika beraktivitas di dalam hutan dan usahakan selalu beramai-ramai, mengingat di desanya banyak rawa-rawa yang sangat disukai reptil melata.

"Makanya kami sering beritahu warga agar ketika beraktivitas dalam hutan, kalau bisa lebih dari satu orang," tutupnya.

Sementara itu, La Densi, warga yang pertama kali menemukan ular tersebut mengaku bahwa awalnya ia hendak membersihkan kebun. Namun ia melihat ular itu. Ia lalu berteriak memanggil rekannya. Rekannya yang berjumlah 8 orang langsung melumpuhkan reptil melata itu.

Baca Juga: Fraksi Demokrat Desak Pemda Kolaka Utara Kembalikan Temuan BPK Rp 11 Miliar

"Kami hendak membersihkan lokasi kebun kolektif, persiapan penanaman jagung kuning. Ternyata saya lihat ular itu lagi berdiam diri di balik semak," ungkapnya.

Kemudian, setelah ular telah lumpuh, ia bersama rekannya berinisiatif membawa ular itu ke wilayah pemukiman warga, hendak menjual ular itu ke Kambara.

Diperkirakan, lingkar badan ular yang ditemukan itu sebesar paha orang dewasa. Di dalam perutnya berisi 100 butir telur.

"Sebelum dibelah isi dalamnya, beratnya 135 kilogram dan setelah dibuka isi dalamnya beratnya tinggal 88 kg," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga