Geger, Warga Kondowa Kabupaten Buton Temukan Mayat Pria di Pantai

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Geger, Warga Kondowa Kabupaten Buton Temukan Mayat Pria di Pantai
Mayat pria yang ditemukan oleh nelayan di bibir pantai Desa Kondowa. Kondisi mayat dalam keadaan tidak utuh dan sulit teridentifikasi. Foto: Febriyani/Telisik

" Warga Desa Kondowa, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton digegerkan dengan penemuan mayat laki-laki di bibir pantai Kondowa "

BUTON, TELISIK.ID - Warga Desa Kondowa, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton digegerkan dengan penemuan mayat laki-laki di bibir pantai Kondowa, Jumat (11/8/2023).

Mayat ditemukan dalam kondisi tidak utuh, tanpa pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Wajah korban tidak dapat teridentifikasi lagi, yang menjadi pengenal hanya baju masih dikenakan.

Mengetahui hal itu, Kepala Desa Kondowa, Ruslan langsung membagikan foto mayat tersebut dan membagikan ke grup Whatsapp kepala desa se-Kabupaten Buton, bahkan Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Peti Mayat Berusia Ratusan Tahun Kembali Ditemukan dalam Gua di Kolaka Utara

"Saya juga mendapat laporan dari nelayan. Setelah itu saya melihat langsung mayat tersebut. Karena kondisi mayat yang tidak dapat teridentifikasi, maka saya video dan foto, lalu saya bagikan ke grup WA khusus. Akhirnya bisa diketahui mayat itu orang Lasalimu. Kepala Desa Lasalimu sendiri yang menghubungi saya," jelasnya.

Kepala Desa Lasalimu, Hanuddin membenarkan, korban merupakan salah satu warganya, yakni La Epo (43) warga Dusun Wapilamba, Desa Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton.

Mewakili Pemdes Lasalimu Pantai, Hanuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Kondowa atas penemuan mayat yang merupakan salah seorang warganya.

“Saya juga mewakili pemerintah desa dan keluarga, mengucapkan terima kasih kepada semua warga Desa Kondowa yang telah berupaya menemukan mayat ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pihak keluarga korban sudah merelakan dan mengikhlaskan kepergian La Epo. Sehingga menurutnya, apapun sudah merupakan takdir dan kehendak Allah SWT.

Korban dinyatakan hilang sejak 1 Agustus 2023 pukul 04.00 Wita. Kala itu, korban bersama 5 orang rekannya dengan menggunakan masing-masing longboat pergi melaut mencari ikan di perairan Lasalimu dengan jarak sekitar 8 NM Arah timur Lasalimu.

Baca Juga: Peti Mayat Berusia 400 Tahun Asal Kolaka Utara Masih Tersimpan Utuh di Museum Sulawesi Tenggara

Diketahui beberapa hari sebelum penemuan mayat itu, masyarakat setempat mengeluhkan aroma tidak sedap yang disinyalir berasal dari pantai. Warga mengira itu hanya bau bangkai biasa.

"Memang beberapa hari yang lalu selalu tercium aroma bangkai, kita pikir bangkai kucing tapi baunya menyengat. Hingga ditemukan mayat ini, sepertinya sudah beberapa hari terdampar di situ," ungkap salah satu warga Kondowa, Wa Hasa.

Kini korban telah dibawa ke kediamanya untuk dikebumikan dengan layak. Keluarga sudah mengikhlaskan kepergian korban dan sudah melaksanakan tahlilan hari ke-7. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga