Gelar Apel Siaga, Bawaslu Manggarai Siap Antisipasi Tantangan Pemilu 2024

Berto Davids, telisik indonesia
Selasa, 14 Juni 2022
0 dilihat
Gelar Apel Siaga, Bawaslu Manggarai Siap Antisipasi Tantangan Pemilu 2024
Bawaslu Manggarai saat menggelar apel siaga guna mengantisipasi tantangan Pemilu 2024 yang makin kompleks. Foto: Ist

" Bawaslu Kabupaten Manggarai menggelar apel siaga pengawasan tahapan Pemilu 2024 "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 yang tahapannya dimulai hari ini, Bawaslu Kabupaten Manggarai menggelar apel siaga pengawasan tahapan Pemilu 2024 di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, Selasa (14/6/2022).

Pembina upacara apel siaga pengawasan, Fortunatus Hamsah Manah mengatakan dengan kesiapsiagaan yang matang dan disertai dengan evaluasi diri, Bawaslu akan mampu mengantisipasi berbagai tantangan dan masalah yang akan dihadapi pada tahapan Pemilu 2024 yang pelaksanaannya dimulai hari ini.

Fortunatus pun berharap momentum apel siaga pengawasan ini dapat dijadikan momentum untuk mengedukasi masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap pelaksanaan pemilu serentak 2024 yang tantangannya semakin kompleks.

“Momentum apel siaga ini kita jadikan sebagai momentum di mana kita mengingatkan semua pihak baik penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun masyarakat pemilih tentang betapa kompleksnya tantangan yang akan kita hadapi dalam Pemilu 2024, di mana kita melaksanakan pemilu dan pemilihan pada tahun yang sama”, ujarnya.

Karena itu, kata Fortunatus, Bawaslu harus menjadi pelopor dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut terlibat aktif mencegah dan menolak segala bentuk pelanggaran pemilu, seperti halnya politik uang yang kerap terjadi. Sekalipun ini bukan pekerjaan mudah, namun saya yakin, dengan kesiapsiagaan, kita dapat mewujudkan cita-cita pelaksanaan pemilu serentak 2024 secara jujur, adil dan damai.

Ia juga menegaskan agar seluruh jajaran pengawas pemilu di lingkup Bawaslu Kabupaten Manggarai bahu membahu bersama seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menguatkan peran masing-masing dalam proses pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 agar dapat berlangsung secara aman, damai, tertib, jujur, adil, dan berkepastian hukum.

Baca Juga: Polemik Bom Mantan Bupati Buton Selatan, Kapolres Baubau: Kedua Pihak Sudah Berdamai

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan giat apel hari ini menandakan seluruh jajaran pengawas sudah siap melaksanakan pengawasan Pemilu 2024 yang tahapannya dimulai 14 Juni 2022.

“Apel siaga ini menandakan bahwa kita siap melaksanakan pengawasan pemilu 2024 yang tahapannya akan dimulai pada 14 Juni 2022 ini,” kata Bagja dalam sambutannya di lokasi apel.

Bagja menyebut seiring dengan dimulainya tahapan pemilu, maka jam kerja jajaran pengawas akan sama seperti Pemilu 2019.

Baca Juga: KASN Tak Akui SK Mutasi Pejabat Muna Barat

Ia juga meminta jajaran pengawas senantiasa berada di kantor untuk terus berkoordinasi dan melakukan pengawasan laporan atau potensi pelanggaran seperti politik uang, SARA, dan berita bohong.

Jajaran pengawas tingkat provinsi diminta meningkatkan kapasitas jajaran Bawaslu kabupaten/kota dalam hal mengawasi segala proses tahapan pemilu.

“Bapak ibu akan merasakan hal yang sama seperti tahun 2019. Jam kerja kita sudah mulai berubah. Sampaikan ini kepada keluarga di rumah,” terangnya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga