Gelar Upacara, Pesantren Ummusshabri Peringati Hari Santri

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 22 Oktober 2021
0 dilihat
Gelar Upacara, Pesantren Ummusshabri Peringati Hari Santri
Foto bersama setelah upacara, Gubernur Sultra, Ali Mazi dan pengurus pesantren Ummusshabri. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Pesantren Ummusshabri (Pesri) Kendari menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021, bertema Santri Siaga Jiwa Raga. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pesantren Ummusshabri (Pesri) Kendari menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021, bertema Santri Siaga Jiwa Raga, Jumat (22/10/21).

Bertindak sebagai pembina upacara, Gubernur Sultra Ali Mazi berharap, para santri senantiasa mendapatkan curahan rahmat, hidayah dan bimbingan, serta perlindungan sehingga memperoleh kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan dalam menuntut ilmu.

"Insyaallah dengan ilmu yang diperoleh tersebut, kelak dapat diamalkan dengan benar dan sungguh-sungguh, sehingga bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri dan keluarga, tetapi juga dapat menjaga agama Islam, kata Ali Mazi.

"Hal itu demi untuk kemajuan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara serta pembangunan umat manusia," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ummusshabri, Dr Supriyanto mengatakan, hari santri mengingatkannya dimasa saat ia menjadi santri.

Saat itu, kata dia, merupakan momen ajang untuk menumbuhkan karakter mandiri dan cinta ilmu.

Baca juga: Silaturahmi dengan Warga Kota Kendari, Andi Sumangerukka Langsung Beri Solusi

Baca juga: Dua Kelompok Pemuda di Kendari Bentrok Gunakan Sajam dan Balok

"Itu semangatnya kalau bagi saya. Makanya saya bangga jadi santri. Dengan peringatan hari santri, semoga bisa menjaga kesinambungan, spirit santri itu sendiri. Karena spirit santri itu pasti dia cinta ilmu. Hakikatnya santri itu cinta ilmu, supaya semangat belajarnya lebih maksimal," paparnya.

Sementara itu, salah seorang guru Ummusshabri, Ilan mengatakan, santri adalah salah satu indentitas Indonesia yang secara perspektif di dominasi oleh masyarakat muslim.

"Makanya selebrasi untuk penyelenggaraannya perlu dan 22 Oktober sudah menjadi agenda tahunan untuk perayaan hari santri itu sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap, para santri bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, bermanfaat bagi bangsa, agama, negara, dan bisa membanggakan orang tuanya.

"Harapan orang tuanya kan ketika menitipkan anaknya di pondok ini, besar sekali harapannya, anak-anak ini menjadi anak yang baik, bukan hanya duniawi saja yang didapat tapi akhiratnya juga," tutupnya.

Untuk diketahui, peringatan hari santri dirangkaikan dengan peresmian kantin Ummusshabri oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga