Geliat Pariwisata Konkep, Kini Kali Biru Mosolo Bakal Dipoles

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 31 Agustus 2021
0 dilihat
Geliat Pariwisata Konkep, Kini Kali Biru Mosolo Bakal Dipoles
Wisatawan lokal sedang berenang dan menikmati keindahan Kali Biru Mosolo di Konkep. Foto: Repro Google Maps

" Geliat pariwisata pun menjadi keseriusan pemerintah daerah (Pemda) setempat guna memancing wisatawan untuk berkunjung ke Konkep "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pulau Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), dikenal sebagai salah satu daerah yang menyimpan banyak keindahan alam untuk dijadikan sebagai spot pariwisata.

Geliat pariwisata pun menjadi keseriusan pemerintah daerah (Pemda) setempat guna memancing wisatawan untuk berkunjung ke Konkep.

Olehnya, pemerintah tak tinggal diam terhadap potensi wisata yang ada. Melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora), Pemda Konkep terus bergeliat memoles dan melakukan pengembangan di sejumlah destinasi wisata.

Selain Pantai Kampa dan Air Terjun Tumburano, Konkep juga memiliki wisata yang tak kalah menarik dipandang seperti wisata Kali Biru di Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara.

"Semua destinasi wisata apalagi yang sudah terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdariws, red) akan kita seriusi untuk pengembangan wisatanya," ujar Kadis Parmudora Konkep, Armin, Selasa (31/8/2021).

Dalam Rencana dan Strategi (Renstra) Pemda Konkep, Dinas Parmudora sudah memasukan beberapa objek wisata unggulan daerah yang akan serius dikembangkan, termasuk dengan Kali Mosolo dan Pantai Tengkera di Kecamatan Wawonii Tenggara.

"Termasuk Kali Biru di Mosolo, rencananya akan diplotkan anggaran untuk tahun 2022 mendatang. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan COVID-19 ini segera berakhir," terangnya.

Armin berharap, adanya kolaborasi anggaran antara Pemda melalui APBD dan pemerintah desa (Pemdes) melalui Dana Desa dapat memudahkan destinasi wisata untuk dikembangkan.

"Yang kami harapkan ini ada kolaborasi dari desa dengan Dinas Pariwisata, jadi nanti akan terbagi porsi anggaran mana yang akan dibangun oleh Dinas Pariwisata dan mana yang akan dibangun oleh desa," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Konkep, Wawan Orinawa menjelaskan, dalam waktu dekat ini tim konsultan perencanaan dari Parmudora akan diturunkan guna melakukan survei di Kali Biru Mosolo.

Selanjunya hasil dari survei itu akan dimasukan dalam Detail Engineering Design (DED) sebagai rujukan dalam membuat perencanaan secara detail.

Baca Juga: Pesona Desa Wisata Sombano di Wakatobi yang Raih Juara Trisakti Tourism Award 2021

Baca Juga: Pesona Desa Wisata Sani-Sani Kolaka, Nominator 100 Besar ADWI 2021

"Jadi sebelum itu kami akan turunkan dulu tim konsultan perencanaan agar dibuatkan DED, supaya nanti akan tertata rapi," papar Wawan.

Melalui DED nantinya, akan memberikan masukan ke desa, apa saja yang tepat untuk dibangun berdasarkan hasil survei tim konsultan di lapangan.

"Supaya nanti tidak akan tumpang tindih pembangunannya antara dinas pariwisata dan desa," sebutnya.

Sedangkan, Kepala Desa Mosolo, Zabarudin mengaku sangat mendukung rencana Pemda Konkep yang bakal berkolaborasi dari sisi anggaran dalam memoles keindahan wisata Kali Biru Mosolo.

Kata dia, diharapkan dinas pariwisata nanti akan membangun infrastruktur dan sarana pendukung lainnya dalam menunjang pengembangan wisata Kali Biru.

"Kami berharap, dinas pariwisata ini dapat membangun jembatan gantung menuju wisata, gazebo, dan MCK. Nanti kami di desa akan membangun areal parkir dan membuat tanggul kali," kata Zabarudin. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga