Gempa Bumi 3,9 SR Guncang Kolaka Selasa Malam, Ternyata Ini Penyebabnya

Muh. Sabil, telisik indonesia
Rabu, 28 Juli 2021
0 dilihat
Gempa Bumi 3,9 SR Guncang Kolaka Selasa Malam, Ternyata Ini Penyebabnya
Kepanikan warga Kolaka saat gempa bumi pada Selasa malam. Foto: Ist.

" Gempa bumi tektonik Magnitudo 3.9 SR mengguncang wilayah Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Selasa malam pukul 23.12 WIB. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Gempa bumi tektonik Magnitudo 3.9 SR mengguncang wilayah Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa malam pukul 23.12 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.14  LS, 121.62 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4.1 km Timur Laut Pomalaa, Kabupaten Kolaka, pada kedalaman 10 km.

Kepala Sta. Met. Kelas III Sangia Ni Bandera Kolaka, Sutikno, SE, S.Si, M.Si mengungkapkan bahwa gempa bumi yang terjadi pada Selasa malam merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan karena aktivitas sesar Kolaka di Timur laut Pomalaa, Sultra.

"Iya pak, dari jenis dan mekanisme gempa bumi kalau melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi tadi malam itu merupakan jenis gempa bumi dangkal," terang Sutikno, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Gempa Berkekuatan 3,9 SR Guncang Kolaka, Warga Panik Berlarian ke Luar Rumah

Baca juga: Potong ADD dan DD, Bupati Wakatobi Ancam Copot Jabatan Pejabat

"Penyebabnya karena akibat aktivitas sesar Kolaka yaitu di Timur laut Pomalaa," sambungnya.

Lanjut Sutikno, dampak guncangan gempa bumi di Kolaka semalam dengan intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran terasa seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa tidak ada gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (C)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga