Gempa Bumi M 4,6 Guncang Buton Selatan, Berpusat di Laut

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 22 September 2023
0 dilihat
Gempa Bumi M 4,6 Guncang Buton Selatan, Berpusat di Laut
Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Jumat (22/9/2023) pukul 02:23 Wita, membuat sebagian warga panik. Foto: Ist.

" Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, pada Jumat (22/9/2023) pukul 02:23 Wita dini hari "

BUTON, TELISIK.ID - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, pada Jumat (22/9/2023) pukul 02:23 Wita dini hari.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin menjelaskan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan M 4,6. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.22  LS, 122.63 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km Barat Daya Kabupaten Buton Selatan, pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat dari aktivitas sesar lokal di barat daya Kabupaten Buton Selatan.

"Gempa bumi ini getarannya dirasakan nyata, terasa seakan-akan ada truk yang berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," jelas Rudin dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Gempa Tektonik 3.1 SR Guncang Kolaka Utara

Berdasarkan pantauan BMKG, hingga pukul 03:36 Wita, belum ada tanda-tanda aktivitas gempa susulan. BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat mengaku merasakan sekilas seperti sebuah guncangan, dan cukup menggoyangkan perabot yang ada di dalam rumah.

Baca Juga: Gempa Dini Hari Guncang Kendari dan Sekitarnya, Warga Terbangun Panik

"Saya rasa kurang lebih setengah tiga, ada bunyi mendengung, dan ada goncangan, kipas angin juga ikut bergetar," jelas salah satu warga, Hendis.

Hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga