Gempa di Sulbar, Waspadai Tsunami Warga Berlarian ke Dataran Tinggi

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Jumat, 15 Januari 2021
0 dilihat
Gempa di Sulbar, Waspadai Tsunami Warga Berlarian ke Dataran Tinggi
Jalan penghubung Provinsi Sulawesi selatan dan Sulawesi Barat tertutup longsoran batu akibat gempa. Foto: Ist.

" Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami sudah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami. "

MAMUJU, TELISIK.ID - Sejumlah bangunan bertingkat di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, roboh. Robohnya bangunan diakibatkan gempa yang terjadi dua hari berturut-turut, Kamis (14/1/2021) dan Jumat (15/1/2021).

Pada hari Kamis siang, gempa berkekuatan magnitudo 5,9 SR. Sedangkan Jumat dini hari, gempa berkekuatan 6,2 SR.

Gempa yang cukup keras tersebut merusak beberapa fasilitas milik pemerintah seperti gedung dan perkantoran yang ada di Kota Mamuju.

Warga yang merasakan gempa berlarian ke luar ruangan untuk menyalamatkan diri.

"Saya lagi dikantor rapat bersama tim, tiba-tiba goyang tanah saya rasa. Jadi kami semua yang ada di ruangan berhamburan keluar," ucap Rusli kepada wartawan, dilansir dari Rakyatsulbar.com.

Pada saat gempa Jumat dini hari, warga makin panik berusaha menyelamatkan diri hingga naik ke dataran tinggi.

"Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami sudah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami," kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju, seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Intensitas Hujan Tinggi, Ribuan Rumah di Kalsel Terbawa Arus

Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2,98 LS-118,94 BT pada kedalaman 10 kilometer. Sejumlah gedung lain dilaporkan rusak, termasuk Rumah Sakit Mamuju.

Gempa susulan dengan magnitudo 6,2 SR dirasakan juga warga Majene di Sulbar. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, mengatakan gempa terjadi selama 5 hingga 7 detik.

Sementara itu, dalam sebuah video singkat, tampak warga mendatangi Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak cukup parah.

“Kantor Gubernur Sulbar ambruk. Hancur. Alhamdulillah masih diberi keselamatan. Hotel Matos (Mamuju), hancur,” kata warga yang merekam gambar Jumat (15/1/2021) dini hari, seperti dikutip dari tribun-timur.com.

Jarak antara Mamuju dengan lokasi gempa di wilayah Malunda, Majene sekira 100-an kilometer.

Menurut informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 6,2 berpusat di lokasi 2.98 LS,118.94 BT arah 6 km Timur Laut Majene-Sulbar. Dengan kedalaman gempa 10 km berdasarkan rilis BMKG. (C)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga