Gempa Guncang Muna Barat dan Sekitarnya

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 09 Februari 2023
0 dilihat
Gempa Guncang Muna Barat dan Sekitarnya
Suasana sekitar Lawa Raya, kondisi aman dan terkendali seusai gempa berkekuatan 4,1 SR terjadi pada pukul 00.02 Wita. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Gempa magnitudo 4,1 guncang Kabupaten Muna Barat dan sekitarnya, membuat warga resah dan takut akan adanya gempa susulan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gempa magnitudo 4,1 guncang Kabupaten Muna Barat dan sekitarnya, membuat warga resah dan takut akan adanya gempa susulan.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Kendari, gempa terjadi pada Kamis (9/2/2023) sekira pukul 00:02 dini hari dengan kekuatan 4,1 SR, lokasi koordinat 4,92 Lintang Selatan (LS), 122.58 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 5,2 km Tenggara Lawa, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, dengan kedalaman 3 km.

Dirasakan III - IV MMI di Muna Barat, III MMI di Muna, artinya skala III MMI gempa dirasakan nyata di dalam rumah, sementara skala IV MMI artinya rumah seakan banyak dipenuhi orang, gerabah pecah, dan dinding berbunyi.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun banyak warga resah akan terjadinya gempa susulan, mengingat guncangan yang dirasakan sangat kuat, sehingga banyak warga yang tidak bisa tidur pasca terjadinya gempa.

"Takutnya itu ada gempa susulan, karena kencang sekali getarannya," ungkap salah satu warga, Saiful.

Baca Juga: Korban Gempa Turki Bertambah Jadi 7800 Orang

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Lawa, Dede, mengaku sangat kaget atas terjadi getaran mendadak pada malam hari itu, pasalnya dirinya hendak tidur, ternyata guncangan terasa sekali dalam rumah, ibaratnya ia berada dalam pengering mesin cuci.

"Saya mau tidur, ternyata rumah dia goyang, saya pikir saya ada di dalam pengering mesin cuci," ungkapnya.

Baca Juga: Bandung dan Soreang Dilanda Gempa

Banyak warga yang berhamburan lari keluar rumah, sebab ditakutkan gempa susulan akan terjadi pasca gempa berkekuatan 4,1 SR itu terjadi.

Untuk diketahui, warga sekitaran Lawa saat ini sudah beraktivitas seperti biasa, namun mereka tetap waspada akan kemungkinan adanya gempa susulan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga