Gempa M 5,6 Guncang Jakarta dan Sekitarnya, Rumah Roboh hingga Jalur Terputus

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
Gempa M 5,6 Guncang Jakarta dan Sekitarnya, Rumah Roboh hingga Jalur Terputus
Guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terasa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 WIB. Gempa cukup terasa kencang. Foto: Esdm

" Guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terasa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 WIB. Gempa cukup terasa kencang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terasa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 WIB. Gempa cukup terasa kencang.

Melansir Tempo.co, info awal yang dibagikan BMKG melalui akun media sosialnya menyebut gempa berkekuatan 5,6. Sumbernya ada di koordinat: 6.84 LS-107.05 BT atau 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gempa dari kedalaman 10 kilometer dicatat BMKG terjadi pada Pukul 13:21:10 WIB. BMKG memastikan tidak ada tsunami.

Baca Juga: Lion Air Jadi Maskapai Terburuk di Dunia, Ini Penyebabnya

Halaman Parkir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur dipenuhi korban luka dan meninggal dunia akibat gempa Cianjur, Senin 21 November 2022.

Gempa 5,6 skala richter yang menggoyang Cianjur dan terasa hingga Bogor dan Jakarta, sebabkan longsor di jalan raya Cugenang arah Puncak, Cianjur.

Hingga pukul 14.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 15 aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M4.0.

Sementara itu dilansir Viva.co.id, akibat gempa itu membuat sejumlah rumah warga roboh dan listrik padam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Rizal, mengatakan guncangan kuat gempa sangat dirasakan warga Kabupaten Cianjur. Gempa terasa beberapa menit membuat panik warga hingga menyebabkan rumah warga rusak hingga roboh.

Baca Juga: Bukan Cuma Kebaya Merah, AH dan ACS Juga Buat Video Porno Judul 3 Lawan 1

"Ada beberapa bangunan yang roboh. Ini saya mau meyakinkan di lapangan terkait gempa yang terjadi barusan. Kami sedang melakukan pengecekan dampak yang terjadi," kata Rizal.

Rizal menerangkan sebagian besar warga Cianjur saat ini masih berada di tengah lapangan, atau di tempat-tempat aman, karena khawatir ada gempa susulan. Di kantor BPBD Cianjur, kata Rizal, turun terdampak gempa. 

"Di gedung BPBD ini ada yang retak, ada yang roboh. Gempanya cukup besar. Listrik di kantor BPBD Cianjur mati. Di wilayah Cianjur kota sekarang listrik mati," ungkapnya. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga