Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Wilayah Maluku Utara Pagi Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 09 Mei 2022
0 dilihat
Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Wilayah Maluku Utara Pagi Ini
Teluk Jailolo yang berdekatan dengan Pulau Ternate dan Pulau Tidore namun secara administratif teluk ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Foto: Repro kompas.com

" Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Maluku Utara Senin (9/5/2022) pagi WIB "

MALUKU UTARA, TELISIK.ID - Gempa kembali terjadi wilayah Indonesia. Kali ini, gempa tersebut mengguncang perairan di dekat Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Senin (9/5/2022) pagi WIB.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, gempa magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Maluku Utara itu dilaporkan langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Mengutip laporan di laman BMKG, gempa itu berpusat sekira 72 km arah barat laut dari Halmahera Barat tepatnya di koordinat 1,83 lintang utara (LU) dan 127,15 bujur timur (BT) pada pukul 04.51 WIB.

BMKG menyatakan bahwa gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, tetapi mengingatkan kemungkinan diikuti terjadinya gempa susulan.

Baca Juga: Rumah Warga di Pesisir Pantai Roboh, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Berdasarkan peta guncangan yang dikeluarkan BMKG, gempa tersebut dirasakan dengan skala intensitas modifikasi Mercalli (MMI) tingkat III atau lemah di Ternate, skala III di Morotai, III-IV (ringan) di Galela, II-III (lemah) di Kao, dan IV (ringan) di Ibu.

Untuk diketahui, seperti dikutip dari wikipedia.org, Kabupaten Halmahera Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi  Maluku Utara, Indonesia.

Baca Juga: BMKG Sultra: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Kolut 3 Hari ke Depan

Ibukota kabupaten ini terletak di Jailolo. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.704,00 km² dan berpenduduk sebanyak 136.092 jiwa (2020). Jumlah penduduk di kabupaten ini 10,42 persen dari jumlah penduduk Maluku Utara yang 1.305.092 jiwa. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga