Gempa Tektonik Guncang Wilayah Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 27 Agustus 2021
0 dilihat
Gempa Tektonik Guncang Wilayah Kolaka Utara
Suasana bundaran Tugu Kelapa, Kota Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara pada malam hari. Foto: Ist.

" Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan M3,5 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Gempa bumi tektonik berkekuatan M3,5, mengguncang wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Berdasarkan rilis BMKG Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Gempa tersebut terjadi pada Jumat (27/8/2021) pukul 22:01:22 WITA di sebelah Barat Laut Lasusua, Kolut.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempa bumi ini berkekuatan M3,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.51  LS, 120.76 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 13.4 km, Barat Laut Lasusua, Kolaka Utara, Sultra pada kedalaman 6 km.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di Barat Laut Lasusua Kolaka Utara.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kolaka Utara II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," terangnya, Jumat (27/8/2021).

Baca juga: Tommy Soeharto Jadi DPO BLBI, Ini Alasannya

Baca juga: Dianggap Hina Kristen dan Sempat Doakan Megawati Cepat Mati, Ini Profil Yahya Waloni

Hingga saat ini lanjutnya, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," tuturnya.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia juga meminta masyarakat Kolaka Utara untuk menghindar dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," himbaunya. (C)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga