Gerakan Pangan Murah Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Kebutuhan Pokok di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 16 Oktober 2023
0 dilihat
Gerakan Pangan Murah Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Kebutuhan Pokok di Kolaka Utara
Antrean warga yang hendak memperoleh kupon untuk belanja sembako murah. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kolaka Utara kembali menggelar pasar murah bertajuk gerakan pangan murah di kawasan eks kafe truk, Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kolaka Utara kembali menggelar pasar murah bertajuk gerakan pangan murah di kawasan eks kafe truk, Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua.

Menurut Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Utara, Bakri, gerakan pangan murah merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari pangan sedunia (HPS).

Kegiatan ini didukung Badan Pangan Nasional (Bapanas), digelar serentak secara nasional dan untuk Sulawesi Tenggara bersamaan di 17 kabupaten/kota.

Baca Juga: Mahasiswa Intens Kolaka Utara Demo Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

"Tujuannya adalah untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga kebutuhan pokok di pasaran di tengah cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan gagal panen di beberapa daerah," terangnya, Senin (16/10/2023).

Kata dia, gerakan pangan murah ini digelar hari ini saja bertepatan dengan peringatan hari pangan sedunia yang berlangsung secara nasional.

"Kegiatannya hanya hari ini dan hanya di satu titik yakni Kecamatan Lasusua," ujarnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Elis Linggiallo menuturkan, persediaan beras untuk kegiatan pangan muarah mencapai 4 ton mencangkup pasokan TPID Kolaka Utara 2 ton dan Dinas Ketahanan Pangan 2 ton. Telur ayam ras 150 rak, minyak goreng 100 liter, dan gula pasir 200 Kg.

"Beras SPHP Bulog dijual seharga Rp 49.750 per 5 Kg, telur ayam ras Rp 45.000 rak, minyak goreng kita Rp.13.000 liter, minyak goreng sarina Rp 14.000 liter, dan gula pasir 14.000 Kg," rincinya.

Mereka yang hendak membeli beberapa kebutuhan pokok terlebih dahulu mendaftarkan diri dengan memperhatikan KTP atau kartu keluarga, setelah itu panitia akan menyerahkan kupon sebagai syarat untuk memperoleh satu sembako murah tersebut.

Baca Juga: Danau Biru Surga Tersembunyi di Kolaka Utara, Tak Kalah Indah dari Green Canyon

"Warga hanya boleh membeli satu paket sembako murah terdiri dari beras 5 Kg, telur, gula pasir dan minyak goreng," imbuhnya.

Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Taupiq S mengungkapkan, peringatan hari pangan sedunia mengingatkan pentingnya ketersediaan pangan yang cukup, aman, dan bergizi. Sementara, gerakan pangan murah bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan yang terjangkau bagi masyarakat.

"Ini bentuk komitmen Pemerintah Kolaka Utara dalam mendukung upaya Pemerintah Pusat menjaga stabilitas dan pasokan harga pangan," jelasnya.

Mantan Kadis PMD Kolaka Utara ini juga menekankan pentingnya kerjasama lintas sektoral dalam upaya menekan laju Inflasi dan stabilisasi pasokan dan harga kebutuhan bagi masyarakat Kolaka Utara. (A-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga