Gerakan Pemuda Bombana, Inovasi Bilik Lawan Corona

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 02 April 2020
0 dilihat
Gerakan Pemuda Bombana, Inovasi Bilik Lawan Corona
Suasana Penyemprotan Warga penumpang Kapal dalam bilik hasil kreasi Anak pulau, Hir/Telisik

" Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 masuk ke pelosok desa yang minim peralatan medis, maka kami berinisiatif membuat bilik disinfektan ala kadarnya. Kami berharap hal ini dilakukan pula oleh masyarakat di desa lain terkhusus Pulau Kabaena, dimana tiga kecamatan yang mempunyai pelabuhan. Apabila tiap kecamatan memasang bilik desinfektan ini, bisa menghambat virus Corona yang dibawa masuk dari luar Pulau Kabaena. "

BOMBANA, TELISIK. ID - Aliansi Pemuda yang tergabung dalam Tim Relawan Pulau Kabaena bekerja sama dengan Puskesmas Kabaena Barat, Pemda Kecamatan Kabaena Barat dan Polsek Kabaena berinisiatif membuat bilik desinfektan, Selasa (31/03/2020).

Ketua Tim Relawan Pulau Kabaena, Khairul Baits mengatakan bahwa, perlu adanya penanganan serius menghadapi wabah pandemik COVID-19, agar tidak semakin menyebar ke pelosok.

"Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 masuk ke pelosok desa yang minim peralatan medis, maka kami berinisiatif membuat bilik disinfektan ala kadarnya. Kami berharap hal ini dilakukan pula oleh masyarakat di desa lain terkhusus Pulau Kabaena, dimana tiga kecamatan yang mempunyai pelabuhan. Apabila tiap kecamatan memasang bilik desinfektan ini, bisa menghambat virus Corona yang dibawa masuk dari luar Pulau Kabaena," jelasnya.

Baca juga: Per 1 April 2020, Kasus COVID-19 di Bombana Menurun

Hal senada juga dikatakan kepala Puskesmas Kabaena Barat, Daeng Masiar, SKM. Dia mengatakan, sebagai penanggung jawab bidang pelayanan kesehatan ditingkat kecamatan, khususnya Kecamatan Kabaena Barat sangat mendukung inovasi yang dibuat para pemuda.

“Saya mensupport inovasi adik-adik mahasiswa dan teman-teman yang dengan sukarela, dan hati yang ikhlas mau menjadi relawan dalam penanganan pemutusan mata rantai penularan virus Corona yang kini sedang melanda negeri kita yang kita cintai ini dan terkhusus di Pulau Kabaena,” katanya.

Kapolsek Kabaena, IPTU Andi Muh. Taufan, SH juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya dengan adanya kotak steril tersebut, akan sangat membantu dan mempermudah Satgas dalam melaksanakan tugasnya demi memutus rantai penyebaran virus Corona ini.

Baca juga: Per 1 April 2020, 1.096 Status ODP, 15 Berstatus OTG

Sementara itu ketua Majelis Penasehat Organisasi (MPO) Himpunan Mahasiswa Kabaena (HMK - Makassar), Dion Permana mengaku, sebisa mungkin setiap elemen masyarakat harus saling melindungi satu sama lain dan melakukan pola hidup sehat serta mengurangi aktifitas luar rumah untuk sementara waktu selama pandemik COVID-19 belum mereda.

"Dengan segala keterbatasan bahan baik untuk pembuatan bilik maupun APD, kami dapat membuktikan bahwa, tidak sulit untuk memulai sesuatu terlebih demi kemaslahatan orang banyak. Konsepnya sederhana, tetapi tidak mengurangi fungsi dari alat tersebut, kami berharap masyarakat agar tidak keluar rumah dulu untuk sementara waktu terkecuali ada sesuatu yang memang mengharuskan keluar baru keluar," tegasnya.

Reporter : Hir

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga