adplus-dvertising

Gerindra Setuju Usulan Pemerintah Terkait Pelaksanaan Pemilu 2024

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Minggu, 03 Oktober 2021
1606 dilihat
Gerindra Setuju Usulan Pemerintah Terkait Pelaksanaan Pemilu 2024
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. Foto : Repro suara.com

" Dasco mengaku, pihaknya menilai demi efesiensi dan melalui berbagai pertimbangan, kajian yang mendalam maka mendukung pelaksanaan Pemilu pada 15 Mei 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sufmi Dasco Ahmad mendukung usulan pemerintah terkait pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dasco mengaku, pihaknya menilai demi efesiensi dan melalui berbagai pertimbangan, kajian yang mendalam maka mendukung pelaksanaan Pemilu pada 15 Mei 2024.

“Saya pikir, pada prinsipnya, pelaksanaan Pemilu 2024 harus berjalan dengan efektif dan efesien. Artinya, seluruh tahapan Pemilu harus dipastikan berjalan dengan baik," kata Dasco dalam keterangannya, Minggu (3/10/2021).


Kendati demikian, ia memberikan catatan, yaitu kebutuhan anggaran yang perlu menjadi perhatian karena terbatas. Serta rentang waktu antara Pemilu nasional dan Pilkada yang sempit.

"Jadi, kalau toh pencoblosan Pemilu tanggal 15 Mei 2024 ini disepakati, maka pelaksanaan waktu kampanye baik Pileg maupun Pilkada relatif pendek. Sehingga diharapkan kebutuhan Pemilu dapat lebih efisien dan tidak terlalu membebani anggaran negara," tegas ketua harian partai Gerindra itu.

Baca Juga: Tarik Ulur Pemilu Pilkada 2024

Baca Juga: Anggota Taliban dan Warga Sipil Tewas, Diduga Tertembak ISIS

Sebelumya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, pemerintah mengusulkan pelaksanaan Pemilu 2024 pada 15 Mei.

Menurut dia, hal ini berdasarkan hasil rapat internal yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma’aruf Amin, dan sejumlah kementerian terkait.

Mahfud menyebut, dalam simulasi, ada empat tanggal yang diajukan. Dari keempat tanggal tersebut, yakni 24 April, 15 Mei, 8 Mei dan 6 Mei. Pemerintah memilih tanggal 15 Mei dengan pertimbangan efisiensi waktu dan biaya.

“Pilihan pemerintah adalah 15 Mei (pemungutan suara),” kata Mahfud, belum lama ini. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga