Giona Nur Alam Ajak Generasi Muda Kenal Budaya, Tak Boleh Terlena Zaman Digital

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 21 Agustus 2022
0 dilihat
Giona Nur Alam Ajak Generasi Muda Kenal Budaya, Tak Boleh Terlena Zaman Digital
Pagelaran Budaya Wanse Wakatobi yang diselenggarakan mendapat dukungan dari putri Mantan Gubernur Sultra, Sitya Giona Nur Alam. Foto: Ibnu/Telisik

" Pagelaran Budaya Wanse Wakatobi yang diselenggarakan disalah satu kafe di Kota Kendari, Minggu (21/8/2022), mendapat dukungan dari berbagai pihak "

KENDARI, TELISIK.ID - Pagelaran Budaya Wanse Wakatobi yang diselenggarakan disalah satu kafe di Kota Kendari, Minggu (21/8/2022), mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Salah satunya putri mantan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yang saat ini menjabat sebagai Bendahara Umum Pemuda Pancasila Sultra, Sitya Giona Nur Alam.

Ia menuturkan, kegiatan pelestarian budaya yang dilakukan Wanse Wakatobi tentunya terus didukung. Apalagi kata Giona, generasi saat ini sudah mulai minim untuk mengetahui budaya secara mendalam.

"Di usia-usia seperti saya sangat minim pengetahuan adat dan budaya kita sendiri, dikarenakan zaman sekarang ini sudah modern serta penuh dengan digitalisasi," katanya.

Ia juga mengungkapkan, pertama kali melihat ragam kuliner khas Wakatobi secara langsung. Ia jatuh hati dengan lapa-lapa dan ikan suguhan Liwo.

Baca Juga: Pagelaran Budaya Kuker Wanse, Sajikan Tradisi Liwo Ragam Kuliner Khas Wakatobi

"Saya sangat suka makanannya, saya sempat diberitahu Pak Hugua, ternyata makanan itu semua menyehatkan," tutur Giona.

Tempat sama Anggota DPR RI, Hugua mengatakan, budaya adalah identitas daerah yang harus dijaga dan dilestarikan. Ia juga berharap Pemerintah Wakatobi fokus pada pelestarian budaya.

Baca Juga: Sorakkan La Ode Ida Gubernur 2024 Menggema, PKS Beri Dukungan

"Mudah-mudahan generasi muda menjalankan terus kegiatan seperti ini," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan menuturkan budaya harus dijadikan kekuatan bersama dari perbedaan yang ada. Kota Kendari milik bersama tentunya membangun Kendari adalah tanggungjawab bersama.

"Tidak bisa hanya pemerintah kota atau DPR untuk membangun daerah Kota Kendari semua masyarakat harus terlibat," tutupnya. (A-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga