Gli, Kucing Penghuni Masjid Hagia Sophia Meninggal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 08 November 2020
0 dilihat
Gli, Kucing Penghuni Masjid Hagia Sophia Meninggal
Gli, Kucing Penghuni Masjid Hagia Sophia. Foto: Repro republik.co.id

" Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta (distrik Levent di Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya. Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli. "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Bagi yang sering ke Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki maka dia tidak asing lagi dengan seekor kucing bernama Gli.

Kucing berbulu tebal warna kuning emas ini sudah berada di Masjid Hagia Sophia selama 16 tahun lamanya. Namun, kini kucing malang itu telah meninggal dunia.

Dilansir dari REPUBLIKA.CO.ID, Gli si kucing penghuni Masjid Hagia Sophia ini dilaporkan meninggal dunia pada usianya 16 tahun. Kucing terkenal di dunia yang menjadi bagian dari sejarah masjid ikonik itu sempat dirawat di klinik hewan sebelum meninggal.

"Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta (distrik Levent di Istanbul) sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya. Kami tidak akan pernah melupakanmu, GLi," kata Wali Kota metropolis Turki, Ali Yerlikaya, dalam unggahannya di Twitter, dilansir di TRT World, Ahad (8/11).

Baca juga: Akhirnya Joe Biden Menang Pilpres AS, Pecahkan 4 Rekor

Awal tahun ini, Hagia Sophia dialihfungsikan dari museum menjadi masjid. Namun, Gli tidak terpengaruh oleh keriuhan itu. Bangunan bersejarah itu selalu menjadi rumahnya. Selama beberapa tahun terakhir, Hagia Sophia memang menjadi rumah bagi Gli.

Ibadah pertama dilakukan di sana dalam 86 tahun ketika sholat Jumat dimulai di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020 lalu. Dalam sejarahnya, Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukkan Istanbul oleh seorang pemuda yang dijuluki Muhammad Al Fatih.

Selanjutnya, bangunan itu diubah jadi masjid dan bertahan dari 1453 hingga 1934 (hampir 500 tahun). Namun, di masa pemerintahan Republik Turki bangunan itu diubah menjadi museum selama 86 tahun lamanya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga