adplus-dvertising

Gol Havertz Bawa Chelsea Juara Liga Champions Tumbangkan Man City

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 30 Mei 2021
1347 dilihat
Gol Havertz Bawa Chelsea Juara Liga Champions Tumbangkan Man City
Kemenangan Chelsea atas Man City di Final Liga Champions. Foto: Repro Reuters

" Sementara, City cuma bikin satu attempts dari total tujuh. Bagi Chelsea, ini adalah gelar keduanya di ajang ini setelah pertama pada 2012. "

LONDON, TELISIK.ID - Chelsea juara Liga Champions 2020/2021 usai mengalahkan Manchester City 1-0. Gol kemenangan dibuat Kai Havertz.

Dalam siaran langsung pertandingan yang dihelat di Estadio Do Dragao, Minggu (30/5/2021) dini hari Wib, Chelsea mencetak gol lewat Havertz di menit ke-42. Meski didominasi City yang menguasai 60 persen ball possesion, Chelsea mampu tampil agresif dengan delapan attempts, dua tepat sasaran.

Sementara, City cuma bikin satu attempts dari total tujuh. Bagi Chelsea, ini adalah gelar keduanya di ajang ini setelah pertama pada 2012.


Citizens harus menunggu musim depan untuk mendapatkan trofi pertamanya.

City coba langsung menekan sejak menit awal dan mengurung pertahanan Chelsea. Di menit kedelapan, umpan panjang Ederson menuju sisi kanan pertahanan Chelsea.

Raheem Sterling mampu mendahului Reece James untuk mendapatkan bola, dan coba menaklukkan Edouard Mendy dari sudut sempit. Mendy bisa menepisnya dan berujung korner.

Setelah itu, Chelsea justru yang bisa merepotkan City lewat serangan dari sisi kiri. Ben Chilwell dan Timo Werner benar-benar merepotkan.

Kai Havertz memberikan bola kepada Werner pada menit ke-14, tapi eksekusi kompatriotnya itu terlalu lemah sehingga bisa diamankan Ederson.

Baca juga: Enam Atlet Kendari Bakal Berlaga di Triathlon Palembang, Wali Kota Siapkan Pelatih Khusus

Semenit kemudian Werner kembali mengancam, kali ini menusuk dari sisi kiri dan melepaskan sepakan ke sudut sempit. Bola mengenai Kyle Walker untuk berujung korner.

Chelsea bermain sangat dalam sehingga membuat City kesulitan mencari ruang untuk dieksploitasi. Sekalinya ada ruang untuk menembak, bek-bek Chelsea siap mengadang.

Seperti di menit ke-27 saat Foden mendapat bola terobosan dari De Bruyne dan dalam posisi on goal. Antonio Ruediger dengan cepat mengadang bola sepakan Foden.

Chelsea mendapat pukulan ketika bek andalannya Thiago Silva harus keluar di menit ke-41 karena mengalami cedera pangkal paha. Silva sempat bertahan selama lima menit sebelum digantikan Andreas Christensen.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-42 dan Chelsea yang unggul duluan. Chelsea membangun serangan dengan cepat dari kotak penalti sendiri dan bola berakhir di kaki Mason Mount.

Mount melihat celah di pertahanan Chelsea dan mengirimkan bola terobosan yang diterima Havertz. Dia lantas mengecoh Ederson dan mudah saja menceploskan bola ke gawang kosong.

Chelsea yang unggul 1-0 di babak pertama bermain lebih dalam di babak kedua. Mereka membiarkan City menguasai pertandingan tapi tidak boleh sampai ke pertahanan.

City yang mengejar ketertinggalan malah harus kehilangan De Bruyne di menit ke-60. Dia digantikan Gabriel Jesus setelah mendapat cedera di wajahnya karena berbenturan dengan Ruediger.

Baca juga: Sadar Tidak Bisa Raih Kemenangan, Marc Marquez Kibarkan Bendera Putih

Di menit ke-68, Mahrez mengirimkan bola dari sisi kanan ke tiang jauh. Di sana ada Gabriel Jesus yang menunggu tapi bola keburu dipotong Azpilicueta.

Chelsea hampir membuat gawang City bergetar saat Christian Pulisic mampu lepas dari penjagaan Ruben Dias pada menit ke-73. Tapi, bola tendangannya menyamping.

Meski sudah memasukkan Sergio Aguero di 10 menit akhir pertandingan, City masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Chelsea.

Kemelut terjadi di depan gawang Chelsea di menit ke-89 saat serangan dari sisi sayap mampu menciptakan peluang. Bola dari sisi kiri mengarah ke Mahrez di tiang jauh.

Mahrez coba memberikannya kepada Foden tapi Christensen dengan cepat mengadangnya. City terus menggempur Chelsea tapi berkali-kali upaya itu gagal.

Ada peluang Mahrez lewat sepakan first time di menit ke-96 tapi melayang di atas mistar, meski Mendy sudah mati langkah.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Chelsea dan mereka berhak jadi juara Liga Champions 2021/2021.

Bagi Chelsea ini merupakan gelar Liga Champions kedua mereka, setelah sebelumnya mampu meraihnya pada tahun 2012 saat mengalahkan Bayern Munchen di final dengan skor 2-1. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga