Google Bakal Bayar Konten Berita Perusahaan Media

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 29 Juni 2020
0 dilihat
Google Bakal Bayar Konten Berita Perusahaan Media
Konten-konten berita yang akan mendapatkan bayaran ini akan di berlakukan untuk di tiga negara terlebih dahulu. Foto: Nudadaily.com

" Industri berita penting, mungkin sekarang sudah lebih dari sebelumnya, ketika orang mencari informasi yang dapat mereka andalkan di tengah pandemi global dan meningkatnya kekhawatiran tentang ketidakadilan rasial di seluruh dunia. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Perusahaan teknologi asal AS, Google, akhirnya sepakat untuk membayar para penerbit alias perusahaan media untuk konten-konten beritanya.

Keputusan ini diambil pada Kamis (25/6/2020), setelah muncul desakan dari pemerintah dan kelompok media di seluruh dunia.

Namun, belum diketahui bagaimana skema pembayarannya. Meski demikian, langkah ini membuktikan adanya perubahan kebijakan yang signifikan dari perusahaan raksasa internet itu.

Seperti  dikutip dari AFP, Sabtu (27/5/2020), untuk tahap awal Google akan membayar mitra media di tiga negara serta situs berita berbayar sehingga bisa memberikan informasi gratis kepada pengguna aplikasi.

Program ini akan dimulai terhadap media lokal dan nasional di Jerman, Australia, dan Brasil dan akan diperluas ke lebih banyak negara.

Mitra awal Google adalah Grup Spiegel di Jerman dan Diarios Associados Brasil. Penerbit Australia, Schwartz Media, The Conversation, dan Solstice Media juga ikut menjadi mitra.

Baca juga: Liverpool Juara Premier League

“Industri berita penting, mungkin sekarang sudah lebih dari sebelumnya, ketika orang mencari informasi yang dapat mereka andalkan di tengah pandemi global dan meningkatnya kekhawatiran tentang ketidakadilan rasial di seluruh dunia,” kata wakil presiden Google untuk manajemen produk berita, Brad Bender dikutip Business Insider, Senin (29/6/2020).

Bender menambahkan, Google ingin membayar konten berkualitas demi menghadirkan pengalaman baru pada akhir tahun ini, sehingga memungkinkan kelompok media memonetisasi konten.

Adapun detailnya bakal segera diumumkan. Yang jelas, produk berita ini bakal tersedia di Google News dan Discover pada akhir tahun 2020.

Tak hanya itu, Google juga akan memberikan akses gratis bagi para pembaca untuk artikel berbayar yang disediakan media. Hal ini dilakukan untuk memberi orang kesempatan membaca artikel yang tidak dapat diakses bila tidak membayar, sekaligus menaikkan jumlah pemirsa.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga