Google Maps Bisa Dibuka Tanpa Internet, Begini Caranya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 09 Oktober 2023
0 dilihat
Google Maps Bisa Dibuka Tanpa Internet, Begini Caranya
Fitur Google Maps offline, pengguna bisa membuat rute perjalanan menuju lokasi tertentu tanpa koneksi internet. Foto: Repro Dafunda.com

" Google Maps menyediakan fitur yang lengkap, termasuk peta yang dapat dibuka tanpa koneksi internet, memungkinkan pengguna menggunakan Google Maps offline di Hp "

KENDARI, TELISIK.ID - Google maps saat ini banyak digunakan karena dapat menunjukkan jalan ke suatu tujuan. Sayangnya apabila di tengah jalan Hp Anda kehilangan sinyal, penunjuk jalan sering kali mati.

Tapi Anda tak perlu khawatir, Google Maps menyediakan fitur yang lengkap, termasuk peta yang dapat dibuka tanpa koneksi internet. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menggunakan Google Maps offline di Hp.

Jadi, dengan fitur Google Maps offline, pengguna bisa membuat rute perjalanan menuju lokasi tertentu di Hp tanpa koneksi internet. Fitur Google Maps tanpa internet itu cukup berguna ketika pengguna hendak bepergian ke lokasi yang berada di luar jangkauan koneksi internet.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Maps offline di Hp? Bila tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menggunakan Google Maps offline di Hp, dilansir dari Kompas.com dan Inews.id.

Cara menggunakan Google Maps offline di HP

Untuk menggunakan Google Maps tanpa internet, caranya cukup mudah. Namun yang perlu diketahui, supaya bisa menggunakan Google Maps tanpa internet, pengguna perlu download peta Google Maps dulu.

Download peta Google Maps

Download peta Google Maps hendaknya dilakukan sebelum memulai perjalanan. Pasalnya, untuk download peta Google Maps, Hp pengguna tetap harus terhubung dengan jaringan internet dulu.

Baca Juga: 5 Tips Gunakan Google Maps agar Tidak Nyasar

Setelah berhasil terunduh, peta Google Maps baru bisa digunakan di Hp secara offline. Adapun cara download peta Google Maps di Hp adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Maps di Hp

2. Selanjutnya, cari lokasi atau alamat yang hendak dikunjungi.

3. Setelah ketemu, klik pada pin merah yang menandainya untuk melihat detail informasi lokasi tersebut.

4. Kemudian, pada halaman detail informasi itu, klik ikon titik tiga dan pilih “download peta offline”.

5. Selanjutnya, pengguna bakal diminta untuk memilih area yang ingin diunduh. Pemilihan area itu menggunakan bingkai persegi.

6. Seluruh area yang berada di bingkai tersebut bakal diunduh. Arahkan bingkai itu pada area yang ingin diunduh sesuai kebutuhan, misalnya pengguna bisa mengunduh area dengan luas dari titik keberangkatan hingga lokasi tujuan.

7. Setelah mengatur luas area yang hendak diunduh, silakan klik opsi “Download”.

8. Terakhir, tunggu beberapa saat hingga pengunduhan selesai.

Setelah mengunduh, pengguna kini bisa menggunakan Google Maps offline di Hp. Adapun cara menggunakan Google Maps offline di Hp adalah sebagai berikut.

Mulai menggunakan Google Maps offline

1. Buka Google Maps di Hp.

Baca Juga: Google Maps Bakal Punya Fitur Baru, Bisa Cek Tarif Tol di Indonesia

2. Klik ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas aplikasi Google Maps.

3 Selanjutnya, pilih opsi “Peta Offline”.

4. Kemudian, pilih peta yang tadi telah diunduh dan ingin dibuka secara offline.

5. Setelah itu, atur rute perjalanan pada peta offline itu. Pastikan rute perjalanan tidak melebihi area yang terdapat pada peta offline.

6. Kini, pengguna bisa memakai Google Maps tanpa Hp harus terhubung dengan jaringan internet.

Sebagai informasi tambahan, saat menggunakan Google Maps offline, terdapat beberapa fitur yang tak bisa diakses oleh pengguna. Dikutip dari laman resmi Google, beberapa fitur yang tak bisa diakses saat menggunakan peta Google Maps offline antara lain, seperti fitur informasi kemacetan lalu lintas, rute alternatif, dan panduan melintasi rute.

Kemudian, ketika menggunakan Google Maps tanpa internet, pengguna juga tidak bisa memilih rute yang sesuai dengan kendaraannya, seperti rute untuk mobil, motor, atau jalan kaki. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga