Gua Bidadari Ada di Buton Tengah, Yuk Nikmati Keindahannya

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 27 Desember 2021
0 dilihat
Gua Bidadari Ada di Buton Tengah, Yuk Nikmati Keindahannya
Wisata Gua Bidadari di Buteng. Foto: Dispar Buteng

" Gua Bidadari merupakan salah satu gua yang menyimpan keindahan di Buteng. Gua ini tepatnya berada di Desa Wadiabero "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID -  Julukan Buton Tengah sebagai negeri seribu gua bukanlah sekedar usapan jempol belaka. Banyak wisata-wisata gua yang mulai bermunculan, salah satunya Gua Bidadari.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin menjelaskan, ada wisata gua yang lebih indah yakni dikenal dengan Gua Bidadari. Guna ini berada di Desa Wadiabero.

"Gua yang menarik di Buton Tengah ini di Desa Wadiabero, namanya Gua Bidadari. Di sana bisa dijadikan wisata underground," katanya, Senin (27/12/2021).

Gua ini, tambah dia, menyimpan banyak keunikan diantaranya, ada di bagian atas gua yang terdapat lubang besar. Pengunjung bisa masuk dari arah bagian samping, sebagaimaana gua pada umumnya.

Baca Juga: 7 Restoran Keren di Kendari, Instagramable dan Bikin Betah

Setelah masuk ke dalam gua, di langit langit gua, pengunjung akan melihat lubang yang memberikan efek menarik saat ada sinar matarari masuk.

Baca Juga: Tarian Kolosal Asal Wakatobi Dilestarikan Lewat Deklarasi Sekolah Ramah Anak

"Kita bisa menyaksikan keindahan lubang itu bila sudah berada di dalam gua. Ini sangat cocok jika pengunjung ingin mengabadikan foto-foto di sana," jelanya.

Selain itu, kata dia, masih ada keungulan yang ditawarkan Gua Bidadari ini, yakni gua ini ada yang kering dan yang barair. Dimana pengunjung bisa menikmati mandi di air yang terdapat dalam gua berair tersebut. Hanya saja tempatnya tidak begitu luas.

Untuk pengelolaan sendiri, lanjut dia, wisata ini masih tergolong alami dan masih dikelolah oleh pemerintah desa.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan. Hanya memang karena belum dibuatkan jalan khusus jadi jalan menuju wisata ini masih ditumbui rumpu-rumput. (C)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga