Gua Laulawi Buton Tengah, Terpanjang di Indonesia

Mutarfin, telisik indonesia
Selasa, 27 Oktober 2020
0 dilihat
Gua Laulawi Buton Tengah, Terpanjang di Indonesia
Gua Laulawi Buton Tengah. Foto: Mutarfin/ Telisik

" Walaupun pengukuran belum selesai, tapi bisa diperkirakan Gua Laulawi ini adalah gua terpanjang di Indonesia. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Buton Tengah (Buteng) dengan julukan negeri seribu gua kian hari makin menunjukkan eksistensinya, dengan ditemukannya Gua Laulawi.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin menerangkan, diperkirakan Gua Laulawi ini bakal dinobatkan sebagai gua terpanjang di Indonesia. Walaupun pengukuran panjangnya belum selesai.

"Walaupun pengukuran belum selesai, tapi bisa diperkirakan Gua Laulawi ini adalah gua terpanjang di Indonesia," ungkapnya Selasa (27/10/2020).

Ia menambahkan, gua ini terletak di Desa Lasongko, Kecamatan Lakudo, memiliki panjang kurang lebih 4 kilo meter dengan kedalaman 20 meter lebih.

Selain itu, keindahan lain yang dimiliki Gua Laulawi, fosil kima dan adanya hewan yang belum diketahui jenisnya.

Baca juga: Buton Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Sultra ke XIV

"Pada umumnya gua yang tidak berair pasti ada stalagmit dan stalaktit. Tapi berbeda dengan Gua Laulawi yang berair tapi masih terdapat stalagmit dan stalaktit. Kemungkinan stalagmit stalaktit itu terbentuk sebelum gua ini berair. Ini perlu diteliti," tambahnya.

Wujuddin menjelaskan, belum lama ini, digelar kegiatan telusur gua. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui apa yang ada dalam gua, seberapa panjang guanya, tentunya dengan menggunakan tenaga profesional, dan selesai seminggu lalu.

Untuk diketahui, Gua Laulawi saat ini belum digunakan sebagai tempat wisata karena beberapa pertimbangan, di antaranya, karena sebagian masyarakat setempat masih menggunakan air dari gua tersebut sebagai sumber air minum mereka.

"Sekarang gua tersebut masih digunakan sebagai sumber mata air masyarakat," paparnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga