adplus-dvertising

Gua Laumehe di Buton Tengah, Masuk Nominasi API Award 2022

Mutarfin, telisik indonesia
Minggu, 03 Juli 2022
1090 dilihat
Gua Laumehe di Buton Tengah, Masuk Nominasi API Award 2022
Keindahan Gua Laumehe yang menjadi salah satu nominasi API Awerd tahun 2022. Foto: Dinas Pariwisata Buteng

" Gua Laumehe terpilih menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award, kategori Olahraga dan Petualangan "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Gua Laumehe terpilih menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award, kategori Olahraga dan Petualangan.

Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Usman Mbolosi menerangkan, Gua Laumehe terpilih sebagai nominasi destinasi wisata kategori olahraga dan pertualangan di ajang API Award tahun 2022 karena keindahan dan keunikannya.

"Kita patut bersyukur dari beberapa destinasi wisata yang kita usulkan, Gua Laumehe lolos. Dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, hanya enam daerah yang masuk nominasi termasuk Buteng," ungkapnya, Sabtu (2/7/2022).


Ia mengaku optimis Gua Laumehe dapat terpilih menjadi juara di API Award 2022. Untuk itu, ia memohon dukungan masyarakat Buteng dan masyarakat Sulawesi Tenggara untuk mengirimkan vote melalui sms dengan cara mengetik API 7H untuk Susur Gua Laumehe, kirim SMS ke 99386 atau vote melalui channel API Award yakni melalui YouTube, Instragram dan Fecebook dengan cara like dan komen serta share  agar makin banyak yang mengetahuinya.

"Kita optimis Gua Laumehe ini bisa menjadi destinasi wisata yang banyak pengunjungnya," ujarnya.

Baca Juga: Pesona Spot Menyelam Jokowi Point, Daya Tarik Baru di Wakatobi

Kata dia, suksesnya destinasi wisata di Buton Tengah dalam ajang API Award, tak lepas dari dukungan pemerintah daerah  dari segi pengembangan destinasi wisata Buton Tengah.

"Pj kita ini sangat respon, bahkan pariwisata dijadikan sebagai sektor unggulan," ungkapnya.

Baca Juga: Lepaskan Penat di Permandian Mata Rombia Buton Utara

Selain itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Muh Said menjelaskan, destinasi wisata Gua Laumehe memang pantas menjadi nominasi API Award karena keindahan alam yang ada di dalamnya.

"Gua Laumehe ini termasuk destinasi wisata kategori gua kering," ujarnya.

Muh Said mengatakan, gua ini bernuansa adventure atau petualangan, yang ditempuh dengan berjalan kaki. Gua Laumehe menyajikan keindahan ornamen kars berupa stalakmit dan stalaktit yang padat dan terdapat banyak gua kecil di dalamnya. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga