Gua Tengkorak Manusia, Wisata Menantang Nyali di Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
Gua Tengkorak Manusia, Wisata Menantang Nyali di Kolaka Timur
Wisata Gua Sorongga, wisata yang dahulunya dijadikan sebuah makam oleh penduduk asli di Kolaka Timur. Foto: Ist

" Kabupaten Kolaka Timur memiliki sejumlah potensi wisata dan keindahan alam. Salah satunya Gua Sorongga yang terletak di Desa Likuwalanapo, Kecamatan Uesi "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Kabupaten Kolaka Timur memiliki sejumlah potensi wisata dan keindahan alam. Salah satunya Gua Sorongga yang terletak di Desa Likuwalanapo, Kecamatan Uesi.

Goa Sorongga ini terletak di pegunungan Desa Likuwalanapo, jarak yang ditempuh untuk bisa masuk ke sini berkisar 20 menit dengan berjalan kaki dari jalan poros desa menuju ke pegunungan dengan menyusuri tebing.

Daya tarik yang diberikan Gua Sorongga sungguh unik untuk kita datangi. Di sekitar gua terdapat banyak peti mati yang terbuat dari kayu yang sudah ada sejak dahulu, di bagian dalam akan dijumpai tengkorak dan tulang belulang manusia yang telah lapuk dimakan usia.

Baca Juga: Puncak Alamo, Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Keluarga dan Pasangan

Menurut penuturan dari salah satu warga asli Desa Likuwalanapo, Najamuddin, gua itu dulunya dijadikan sebuah makam oleh penduduk asli desa, kuburan gua ini hampir mirip dengan kuburan yang berada di Tanah Toraja.

"Masih banyak peti di dalam gua, ini hanya sebagian saja yang di luar," tuturnya.

Tempat sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka Timur, Nyoman Abdi menuturkan, gua tersebut memiliki historis yang luar biasa dan patut dilestarikan untuk destinasi wisata berbasis budaya.

Ia menuturkan, pihak Pemda Kolaka Timur akan mencoba mendesain serta menata nilai sejarah yang terkandung di gus tersebut.

"Lalu kami akan mengembangkan, sejarah serta budaya di tempat ini" tambahnya.

Baca Juga: 5 Wisata Tersembunyi di Dunia, Ada Indonesia

Tidak hanya menikmati keunikan gua yang di dalamnya penuh sejarah dan kental akan tradisi. Pemandangan sekitarnya juga tidak kalah untuk dilewatkan. Gua ini berada di sebuah bukit yang memiliki udara sejuk dan banyak pepohonan..

Tentunya anda pasti akan merasakan pengalaman yang menakjubkan dan tidak terlupakan ketika mengunjungi objek wisata satu ini.

Tetapi bagi wisatawan yang ingin berkunjung untuk melihat wisata gua ini perlu bersabar. Sebab belum dibuka untuk umum, karena masih dalam tahap pengembangan serta perbaikan akses jalan. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga