Gubernur Ali Mazi Diberi Gelar Omputo Lakino Liwu Pancana oleh Tokoh Adat Buteng

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 28 Juli 2022
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Diberi Gelar Omputo Lakino Liwu Pancana oleh Tokoh Adat Buteng
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, saat diberikan gelar Omputo Lakino Liwu Pancana oleh tokoh adat Buton Tengah. Foto: Mutarfin/Telisik

" Gubernur Sultra Ali Mazi, diberi gelar Omputo Lakino Liwu Pancana oleh tokoh adat serta masyarakat Buton Tengah "

BUTON TENGAH, TELISIK. ID - Gubernur Sultra Ali Mazi, diberi gelar Omputo Lakino Liwu Pancana oleh tokoh adat serta masyarakat Buton Tengah.

Pj Bupati Buton Tengah, Muh Yusup, menerangkan bahwa pemberian gelar Omputo Lakino Liwu Pancana sangat tepat diberikan kepada Gubernur Ali Mazi karena masih memiliki hubungan keturunan dengan para pemimpin yang pernah berkuasa di daerah daratan Muna yang sekarang menjadi wilayah administrasi Kabupaten Buton Tengah.

"Bahwa Bapak Gubernur adalah ahli waris Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi dikenal juga sebagai Oputa Yi Koo, merupakan Sultan Buton ke-20 dan 23. Pada tahun 2019 yang lalu ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI," ungkap Muh Yusup, Kamis (28/7/2022).

Foto: Dok Humas Pemprov

 

Ia menambahkan, diriwayatkan bahwa sebelum memangku jabatan Sultan Buton, Oputa Yi Koo pernah menjabat sebagai kepala kampung atau Kadie Lakudo dengan gelar Lakino Lakudo dan Oputa Yi Koo tercatat sebagai keturunan kelima dari Lakilaponto atau Murhum dan juga tercatat sebagai keturunan ke-6 Sugi Manuru Raja Muna.

Baca Juga: 56 CASN Muna Belum Kantongi NIP, Kepala BKPSDM Pastikan Tidak Akan Dibatalkan

Kata Muh Yusup, silsilah ini meriwayatkan bahwa Gubernur Ali Mazi tercatat sebagai keturunan kesembilan dari Oputa Yi Koo yang berarti pula keturunan ke-14 dari keturunan Laki Laponto atau Murhum.

Foto: Dok Humas Pemprov

 

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, saat itu mengucapkan terima kasih kepada kepada tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan di daerah Buton Tengah.

Baca Juga: Wakatobi Rawan Abrasi dan Gelombang Tinggi, Warga Diimbau Lakukan Mitigasi

"Secara pribadi saya terima dengan syukur dan mengucapkan banyak terima kasih," ujar Ali Mazi.

Dalam tradisi kepemimpinan masyarakat pancana atau masyarakat yang mendiami daratan Pulau Muna bagian selatan yang sekarang menjadi wilayah administrasi Buton Tengah, kata Ali Mazi, pemimpin jabatan atau apapun, punya tanggung jawab yang besar.

"Omputo-omputo terdahulu sudah terbukti punya kepemimpinan yang baik karena mereka sudah teruji dan sesuai dengan persyaratan sebagai pemimpin," ucapnya. (B)

Penulis: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga