Gubernur Ali Mazi Dinilai Tidak Konsisten dengan Janji Dana Hibah ke Muna Barat

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 23 Desember 2022
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Dinilai Tidak Konsisten dengan Janji Dana Hibah ke Muna Barat
Wakil Ketua DPRD Muna Barat, Uking Djassa (kiri), berharap Gubernur Ali Mazi menepati janjinya terkait jumlah bantuan dana hibah untuk Muna Barat. Foto: Ist.

" Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, dinilai tidak konsisten terhadap janjinya memberikan bantuan dana hibah untuk pembagunan infrastruktur di Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, dinilai tidak konsisten terhadap janjinya yang akan memberikan bantuan dana hibah untuk membantu pembagunan infrastruktur perkantoran di Kabupaten Muna Barat.

Saat peletakan batu pertama pembangunan perkantoran Bumi Praja Laworoku, gubernur menjanjikan akan membantu sebesar Rp 40 miliar. Namun belakangan, anggota DPRD Sulawesi Tenggara, La Ode Tariala menyampaikan bahwa gubernur tidak pernah menyebut angka pemberian dana hibah.

Kata Tariala, angka Rp 40 miliar merupakan proposal yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat. Sehingga, dari usulan itu, saat pembahasan APBD 2023, disepakati hanya Rp 15 miliar.

"Kita sesuaikan dengan kondisi keuangan daerah," kata politisi NasDem itu.

Usut punya usut, ternyata bantuan yang diturunkan hanya Rp 10 miliar. Wakil Ketua DPRD Muna Barat, Uking Djassa sudah mengecek itu pada dokuken APBD.

Baca Juga: Warga Nusa Tenggara Timur Masih Favoritkan Jokowi Nyapres Lagi

"Terlepas janji gubernur Rp 40 miliar, kita tidak usah persoalkan lagi. Tetapi, ada lagi dari salah satu anggota DPRD Sulawesi Tenggara menyebut Rp 15 miliar, tapi faktanya hanya Rp 10 miliar,  ini sama saja bentuk pembohongan," sentil Uking, Jumat (23/12/2022).

Namun di balik itu, Ketua DPD II Golkar Muna Barat itu menyampaikan terima kasih pada gubernur dan La Ode Tariala  yang telah menyetujui bantuan hibah, walaupun sesungguhnya, jumlahnya tidak sesuai yang dijanjikan.

Baca Juga: Wakil Gubernur Sumatera Utara Siap Tarung di Pilkada 2024

"Kita berharap bisa konsitenlah. Kekurangannya kan bisa dialokasi di Perubahan APBD," pintanya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna Barat, LM Taslim mengakui bantuan hibah dari Pemprov Sulawesi Tenggara hanya sebesar Rp 10 miliar.

"Iya benar hanya Rp 10 miliar," singkatnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga