Gubernur Ali Mazi Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Buton di HUT ke-77 RI

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 17 Agustus 2022
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Buton di HUT ke-77 RI
HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang diadakan di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara. Ali Mazi nampak gunakan pakaian adat kesultanan Buton. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Gubernur bersama rombongan menyaksikan upacara detik-detik Proklamasi HUT Ke-77 RI di Istana Negara melalui Virtual Zoom Meeting "

KENDARI, TELISIK.ID - Upacara 17 Agustus menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia. Ini merupakan perayaan setahun sekali memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Beragam upacara dilakukan di berbagai daerah, salah satunya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Upacara HUT ke-77 RI kali ini, spesial bagi Provinsi Sulawesi Tenggara sendiri, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Meski upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara ini sempat diguyur hujan ringan, namun kegiatan lancar dan penuh khidmat.

Komandan Upacara di pimpin oleh Mayor CPM Choirul Umam. Ia adalah Komandan DenPom XIV/3 Kendari. Sedangkan, petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah putra  putri terbaik yang merupakan perwakilan dari kabupaten/kota dengan total sebanyak 50 orang dan telah melalui seleksi ketat.

50 putra putri Paskibrakada dibagi 2 kelompok, yaitu bertugas pada upacara penaikan bendera sebanyak 25 orang dan 25 orang lainnya untuk upacara penurunan bendera.

Foto: Dok Humas Pemprov

 

Pembaca Naskah Proklamasi dibawakan oleh Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh. Acara juga dirangkaikan penyerahan pin Satyalancana sebagai tanda kehormatan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah bekerja dengan baik dan penuh kesetiaan kepada negara.

Baca Juga: Perjalanan Panjang Dua Pelajar Kendari Jadi Paskibraka Nasional

Turut mendampingi Gubernur Ali Mazi di panggung kehormatan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Pj Sekda Asrun Lio, Ketua DPRD Abdurrahman Saleh, Kepala Kanwil Kemenkumham, unsur Forkopimda, para Kepala OPD, serta sejumlah pimpinan vertikal pejabat, baik sipil maupun TNI/Polri.

Turut hadir pula menempati panggung kehormatan lainnya, pimpinan perguruan tinggi, para pejuang/veteran serta tokoh masyarakat dan lintas agama.

Setelah upacara selesai, gubernur bersama rombongan menyaksikan upacara detik-detik Proklamasi HUT Ke-77 RI di Istana Negara melalui Virtual Zoom Meeting, di Aula Merah Putih, Rumah Jabatan Gubernur.

Foto: Dok Humas Pemprov

 

Saat melakukan Virtual Zoom Meeting langsung di Istana Negara, nampak Gubernur Ali Mazi sangat senang saat melihat pakaian adat Buton yang dipakai oleh presiden. Ia bahkan takjub sembari sedikit tersenyum saat melihat pakaian adat tersebut.

Saat diwawancarai, ia mengaku jika sangat bangga pakaian adat asal Sulawesi Tenggara menjadi bagian dari acara HUT ke- 77 Kemerdekaan RI.

"Yang pertama tentunya kita bersyukur,  beliau memakai pakaian adat Buton, selaku gubernur mewakili masyarakat Sultra, berterima kasih. Karena tentunya tidak mudah untuk memilih pakaian khas daerah," tuturnya.

Baca Juga: Cantiknya Briptu Ragil Rahmi, Polwan Pertama Polda Sultra Jadi MC HUT Kemerdekaan di Istana

Ia melanjutkan, jika tiap tahun pada HUT Kemerdekaan RI di tiap provinsi tentunya ingin pakaian adatnya dipakai di acara 17 Agustus.

HUT ke-77 Kemerdekaan RI kali ini, Gubernur Sulawesi Tenggara mengenakan pakaian adat tradisional Asal Buton, turut serta para tamu undangan juga mengenakan pakaian adat tradisonal daerah di Sulawesi Tenggara.

Seorang Paskibraka, Dwi Astuti turut bangga terpilih sebagai pembawa baki di acara HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Alhamdulillah, bisa berkesempatan membawa baki dan menjadi bagian dari acara HUT ke-77 RI," tutupnya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga