adplus-dvertising

Gubernur Ali Mazi Target Pendapatan Daerah Rp 4,5 Triliun Tahun Depan

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
349 dilihat
Gubernur Ali Mazi Target Pendapatan Daerah Rp 4,5 Triliun Tahun Depan
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, menyampaikan nota keuangan dan Raperda APBD 2023 saat sidang paripurna DPRD. Foto: Musyrifa Sya'adah/Telisik

" Pemerintah Sulawesi Tenggara, menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp 4,5 triliun di Tahun 2023. Hal itu disampaikan dalam paripurna pembahasan Raperda APBD 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Sulawesi Tenggara, menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp 4,5 triliun di Tahun 2023. Hal itu disampaikan dalam paripurna pembahasan Raperda APBD 2023.

Penyusunan Raperda APBD 2023 sendiri merupakan siklus pengelola keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri Nomor 84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD 2023.

Gubernur Ali Mazi menjelaskan, kebijakan dalam penyusunan RAPBD 2023 sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dan menjadi instrumen untuk mengakomodir aspirasi, merepson dinamika masyarakat sekaligus percepatan pembangunan daerah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.


Baca Juga: Produk Emina Edukasi Skincare Melalui Smada Cup Vol.3

Dengan demikian penentuan pengelolaan anggaran daerah dapat memenuhi tuntutan masyarakat yang menghendaki peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan kesejahteraan melalui pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pada kesempatan ini izinkan kami menguraikan gambaran umum Rancangan APBD 2023 Provinsi Sulawesi Tenggara yang terstruktur mulai dari pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah,” ujar Ali Mazi dalam pidatonya, Rabu (23/11/2022).

Pada pendapatan daerah secara keseluruhan kata Ali Mazi, ditargetkan sebesar Rp 4,5 triliun yang bersumber dari pendapatan asli daerah, pendapatan transfer dan pendapatan daerah yang sah. Pendapatan transfer memiliki kontribusi yang paling dominan terhadap total pendapatan daerah.

Selanjutnya pada belanja daerah, secara keseluruhan ditargetkan sebesar Rp 4,672 triliun dan akan digunakan untuk membiayai belanja operasi, belanja modal, belanja transfer dan biaya tidak terduga.

Terakhir yaitu pembiayaan daerah yang ditargetkan sebesar Rp 488 miliar yang diharapkan untuk menampung Silpa.

Baca Juga: Jual Martabak Mini Hasilkan Omset Hingga Rp 1 Juta Per Hari

Sementara itu, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh mengatakan, sebelumnya sudah dilaksanakan penandatanganan MoU  terhadap pembangunan kantor gubernur, serta peresmian jalan di beberapa kabupaten/kota

Abdurrahman menekankan, pembangunan kantor gubernur harus beriringan dengan prasarana infrastruktur jalan.  

"Jalan kemarin sudah diresmikan di daerah Buton Utara, Wakatobi, Kolaka Utara, kemudian Kolaka Timur dan Konawe Selatan, khususnya Landono dan sekitarnya. Kenaikan struktur bangunan tetap ada dan penambahan terhadap jalan harus beriringan,” cetus Abdurrahman. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga