Gubernur dan Ketua DPRD Diminta Menjadi Orang Pertama yang Divaksin

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 05 Januari 2021
0 dilihat
Gubernur dan Ketua DPRD Diminta Menjadi Orang Pertama yang Divaksin
Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Laode Frebi Rifai. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Kalau diminta, saya akan duluan (disuntik vaksin) bersama gubernur dan Ketua DPRD sebelum masyarakat Sulawesi Tenggara. "

KENDARI, TELISIK.ID - Vaksin Sinovac  sudah tiba di Kendari, Sulawesi Tenggara hari ini, Selasa (5/1/2020), melalui Bandara Haluoleo Kendari.

Untuk itu Ketua Komisi IV DPRD Sulawesi Tenggara, Laode Frebi Rifai menyarankan agar Gubernur Ali Mazi dan Ketua DPRD Sultra menjadi orang pertama yang divaksin.

“Saya harap Pak Gubernur dan Pak Ketua DPRD Sultra mau menjadi orang pertama yang disuntik sebelum masyarakat,” harapnya.

Menurut Frebi, hal itu sebagai upaya memberikan kepastian kepada masyarakat dan memberikan contoh bahwa vaksin COVID-19 tersebut aman.

“Kalau diminta, saya akan duluan (disuntik vaksin) bersama gubernur dan Ketua DPRD sebelum masyarakat Sulawesi Tenggara," tambahnya.

Baca juga: Vaksin Sinovac Tiba di Kantor Dinkes Sultra

Ia juga menyarankan agar semua kepala daerah dan pemimpin OPD juga harus mau, sebagai bukti kepada masyarakat. Bukan bukan hanya mengajak, tapi memberikan contoh.

“Terutama Kadis Kesehatan Sultra, dia yang harus menjadi garda terdepan dalam hal pengujian vaksin ini, jangan masyarakat yang dijadikan percontohan,” jelasnya.

Untuk itu, Laode Frebi meminta kepada BPOM  segera melakukan kajian guna memastikan vaksin tersebut aman dan siap digunakan.

“Pemerintah harus memastikan keamanan dan efektivitas vaksin Sinovac sebelum digunakan,” jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut penting agar masyarakat dapat menerima manfaat yang besar dan seimbang dengan anggaran yang digunakan untuk pengadaan vaksin tersebut. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga