Gubernur Tinjau Proyek Pembangunan Infrastruktur Bank Sultra

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 27 Maret 2023
0 dilihat
Gubernur Tinjau Proyek Pembangunan Infrastruktur Bank Sultra
Gubernur Ali Mazi (tengah) didampingi Dirut Bank Sultra (kiri) dan Wali Kota Baubau (kanan) saat meninjau proyek infrastruktur yang dibiayai Bank Sultra. Foto: Ist.

" Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mengapresiasi dukungan Bank Sultra terhadap percepatan pembangunan daerah "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mengapresiasi dukungan Bank Sultra terhadap percepatan pembangunan daerah. Menurutnya, fasilitas pinjaman yang diberikan sangat baik dalam rangka mengakselerasi pembangunan di daerah.

Ali Mazi mengungkapkan, pembangunan sarana dan prasarana yang bersumber dari Bank Sultra berdampak positif terhadap peningkatan infrastruktur di daerah. Ia mencontohkan jalan lingkar Waborobo-Batu Poopi sangat mendukung mobilitas masyarakat termasuk perekonomian masyarakat.

"Sebelum ada jalan lingkar ini, masyarakat harus menempuh jarak sekitar sekitar dua sampai tiga jam. Lewat jalur potong (kompas). Sekarang sudah bisa ditempuh hanya 15 menit saja. Ini sangat baik bagi masyarakat, bagi kemajuan ekononomi masyarskat setempat," ungkap Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sulawesi Tenggara ini berharap Bank Sultra bisa mengakomodir permohonan pinjaman dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara sehingga pembangunan daerah tidak membebani APBD yang diprioritaskan untuk program lainnya seperti pendidikan dan kesehatan.

"Kami juga meminta daerah untuk memanfaatkan fasilitas pinjaman ditawarkan Bank Sultra. Sebab Bank Sultra adalah bank milik masyarakat Sulawesi Tenggara yang keuntungannya akan dikembalikan kepada masyarakat demi kesejahteraan kita semua," harapnya.

Baca Juga: Sambangi Bank Sultra, Telisik.id Ikut Bersinergi Dukung Pembangunan Daerah

Bank Sultra turut andil dalam mengakselerasi pembangunan di daerah. Buktinya dalam kurun waktu lima tahun (2018-2023), bank kebanggan masyarakat Sulawesi ini telah mengucurkan dana pinjaman sebesar Rp 1,09 triliun kepada tujuh pemda di Bumi Anoa.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan, fasilitas pinjaman daerah dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah.

Gubernur Ali Mazi (tengah) didampingi Dirut Bank Sultra (kiri) dan Wali Kota Baubau (kanan) saat meninjau proyek infrastruktur yang dibiayai Bank Sultra. Foto: Ist.

 

Abdul Latif menuturkan, pihaknya telah menyalurkan pinjaman ke Pemkot Baubau sebesar Rp 164 miliar. Ratusan miliar pinjaman diberikan untuk membangun sarana dan prasarana infrastruktur di antaranya pembangunan Jalan Lingkar Ruas 2 Waborobo-Batu Poopi, Peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Bukit Asri-Batu Poopi, Peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Sorowolio-Bukit Asri, dan Peningkatan Jalan Lingkar Bungi Sorowolio Tahap IV.

Baca Juga: Fasilitasi Permodalan UKM, Pemkot dan Baznas Kota Kendari Kerjasama dengan Bank Sultra

"Alhamdulillah, kemarin sudah ditinjau langsung oleh Pak Gubernur. Progresnya sangat baik. Masyarakat sudah bisa melintasi jalur yang dibangun. Pembangunan jalan sangat penting untuk mendukung aktifitas perekonomian masyarakat setempat," ujar Abdul Latif usai meninjau pembangunan Jalan Lingkar Waborobo-Batu Poopi.

Sekedar informasi, sekitar tujuh daerah yang telah memanfaatkan program pinjaman Bank Sultra yakni Konawe Selatan dengan besar pinjaman Rp 200 miliar, Bombana Rp 195 miliar, Kolaka Utara Rp 97,47 miliar, Buton Selatan Rp 94,88 miliar, Buton Rp 148 miliar, Baubau Rp 164, miliar, dan Konawe Utara sebesar Rp 200 miliar.

Saat mengunjungi proyek tersebut, Ali Mazi didampingi Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dan Direktur Bank Sultra, Abdul Latif. Pembangunan infrastruktur tersebut merupakan pembiayaan yang bersumber dari perbankan daerah. (C-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga