Gugus Tugas Konsel Rapid Test Massal di Pasar Andoolo Utama

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Selasa, 16 Juni 2020
0 dilihat
Gugus Tugas Konsel Rapid Test Massal di Pasar Andoolo Utama
Proses pelaksanaan rapid test massal di Pasar Andoolo Utama, Kecamatan Buke. Oleh Gugus Tugas COVID-19 Konsel. Foto: Ist.

" Kita perlu melakukan hal ini demi mencegah penyebaran COVID-19. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Antisipasi penularan COVID-19, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Konawe Selatan (Konsel) melakukan pemeriksaan rapid test massal di pasar Andoolo Utama, Kecamatan Buke, Selasa (16/6/2020).

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengungkapkan, Pemda Konsel melalui Gugus Tugas akan terus melakukan pemeriksaan rapid test massal dibeberapa wilayah yang berada di Kabupaten Konsel seperti pasar, tempat ibadah dan tempat umum lainnya.

"Kita perlu melakukan hal ini demi mencegah penyebaran COVID-19," ungkapnya.

Selain pengunjung pasar, rapid test massal juga diikuti oleh Camat Buke dan kepala desa se Kecamatan Buke. Tercatat, rapid test massal tersebut diikuti sebanyak 194 orang dengan hasil non reaktif.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Indonesia Tembus 40 Ribu Lebih

"Hari ini di Kecamatan Buke, pasar Andoolo Utama. Alhamdulillah semua yang ditest negatif atau non reaktif," jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Konsel, Boni Lambang Pramana, mengatakan, rapid test massal yang dilakukan merupakan program intervensi public health sebagai langkah menurunkan angka reproduksi COVID-19, program rapid test ini dapat meningkatkan penemuan angka kasus COVID-19.

Selain itu, dengan adanya penemuan kasus akan dilanjutkan dengan isolasi terpusat di rumah sakit, dan akan berdampak nyata sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah.

"Dalam skenario mencegah penularan, langkah-langkah inti yang telah diterapkan selama ini adalah deteksi cepat, menguji, isolasi, merawat dan melacak kontak," tambahnya.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga