Habbatussauda Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi, Ini Manfaatnya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 02 Agustus 2021
0 dilihat
Habbatussauda Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi, Ini Manfaatnya
Habbatussauda yang diolah dari jintan hitam. Foto: Repro google.com

" Bijinya telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan manfaat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Habbatussauda (Nigella Sativa) atau disebut juga jintan hitam adalah salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah.

Melansir dari hellosehat.com, habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella Sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat.

Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jintan hitam memiliki rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Bijinya telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan manfaat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jenis tanaman herbal ini diketahui memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, sehingga habbatussauda dikenal luas dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengetahui hal tersebut, sebagian masyarakat banyak mengkonsumsi habbatussauda untuk meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di tengah pandemi saat ini.

Habbatussauda mengandung beragam nutrisi, mulai dari protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol.

Berkat kandungan nutrisinya yang sangat banyak itu, ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari habbatussauda.

Dilansir dari alodokter.com, berikut manfaat habbatussauda untuk kesehatan:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, habbatussauda bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini didukung beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid, mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk COVID-19.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda juga diketahui dapat meredakan peradangan dan menangkal efek radikal bebas pemicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Selain habbatusauda, senyawa flavonoid juga terdapat di dalam tanaman meniran. Di dalam sebuah buku berjudul Tumbuhan Berkhasiat untuk Kesehatan yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian menyebutkan bahwa tanaman meniran mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai imunostimulan dan mampu mengoptimalkan fungsi pertahanan tubuh.

Tanaman herbal lain yang juga dipercaya sejak lama dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah jahe. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam jahe dapat mengatasi dan mencegah masuk angin serta memberi rasa hangat bagi tubuh.

2. Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah melawan infeksi bakteri, seperti E. coli yang dapat menyebabkan diare atau P. aeruginosa penyebab pneumonia dan infeksi saluran kemih.

Meski demikian, penelitian mengenai manfaat habbatussauda untuk melawan infeksi bakteri pun masih terbatas pada uji coba di laboratorium, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Benarkah Biji Cabai Dapat Menyebabkan Usus Buntu? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Mengapa COVID-19 Varian Delta Cepat Menyebar dan Sulit Dihentikan? Ini Ulasannya

Selain kedua manfaat di atas, habbatussauda juga dipercaya memiliki beragam manfaat lain, seperti:

- Melancarkan pencernaan

- Menghilangkan sakit kepala

- Meredakan gejala asma

- Menjaga tekanan darah

- Mengatasi kolesterol tinggi

- Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh dengan optimal, terutama di masa pandemi COVID-19 ini, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, beristirahat yang cukup, mengurangi stres, dan tentunya menjalankan protokol kesehatan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga