Hadapi Era Digitalisasi Pemda Konawe Kepulauan Latih Admin Input Aplikasi Srikandi

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Kamis, 22 Juni 2023
0 dilihat
Hadapi Era Digitalisasi Pemda Konawe Kepulauan Latih Admin Input Aplikasi Srikandi
Sekda Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi saat memberikan sambutan kegiatan sosialisasi implementasi e-arsip terintegritas, Kamis (22/6/2023). Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Pemda Konawe Kepulauan bekali admin setiap organisasi perangkat daerah (OPD), dengan mengelar sosialisasi implementasi e-arsip terintegritas yang termasuk dalam program aplikasi srikandi "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pemda Konawe Kepulauan bekali admin setiap organisasi perangkat daerah (OPD), dengan mengelar sosialisasi implementasi e-arsip terintegritas yang termasuk dalam program aplikasi srikandi.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Keputusan MenPAN RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.

Berangkat dari peraturan tersebut, Pemda Konawe Kepulauan terus berupaya untuk mendorong peningkatan kinerja pegawai dalam menghadapi era digitalisasi yang pengunaanya sudah terlaksana secara nasional.

Baca Juga: Pemdes Mataburanga Konawe Kepulauan Beri 152 Tangki Semprot Elektronik ke Warga

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konawe Kepulauan, Danyal mengatakan, sosialisasi implementasi e-arsip terintegritas bertujuan melatih admin OPD dalam melakukan penginputan pada aplikasi srikandi.

“Pada langkah awal ini kita adakan pelatihan untuk melakukan pengimputan pada aplikasi srikandi, ke depanya kita akan adakan penataan arsip,” ujar Danyal, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: Usai Disegel Pemilik Lahan, Sekolah Sementara Dianggap Tak Aman Bagi Siswa SDN 5 Labeau Konawe Kepulauan

Sementara itu, Sekda Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi menjelaskan, penggunaan aplikasi srikandi tersebut, selain dapat mengehemat anggaran belanja yang ada di masing-masing OPD, terutama dalam pengadaan kertas yang merupakan bagian dari pengunaan alat tulis kantor juga membuat pengelolaan akan lebih terstruktur secara benar, tepat dan terlindungi keamananya.

“Kami yakin, apabila seluruh perangkat daerah dapat mengimplementasikan, maka selain menghemat anggaran belanja juga pengelolaan arsip akan lebih terstruktur, serta terlindungi keamanannya,” ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga