adplus-dvertising

Hadiri HUT Kolut ke-16, Gubernur Berterimakasih ke Bupati

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 08 Januari 2020
3880 dilihat
Hadiri HUT Kolut ke-16, Gubernur Berterimakasih ke Bupati
Gubernur Sultra Ali Mazi menghadiri upacara peringatan HUT Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Oleh karena itu, saya selaku pimpinan daerah Sultra mendukung penuh berbagai kebijakan pemerintah daerah Kolaka Utara yang dituangkan dalam visi pembangunan daerah yakni mewujudkan Kolaka Utara Madani dengan salah satu misi utama mengembalikan kejayaan kakao melalui revitalisasi kakao sebagai potensi unggulan untuk meningkatkan prekonomian masyarakat Kolut. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Selasa (7/1/2020) kemarin, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tepat berusia 16 tahun. Sebagai ungkapan syukur, Pemkab Kolut telah melakukan berbagai macam kegiatan mulai dari ruqiah massal dan tabliq akbar pada tanggal 4 sampai 6 Januari, dan puncak peringatan ditandai dengan upacara yang digelar di Lapangan Aspirasi.

HUT Kolut kali ini terasa istimewa dengan hadirnya Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH bersama Agista Ariany, SE yang sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Ali Mazi menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Kolaka Utara yang telah mengembangkan nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang ada di Kolut melalui penggunaan pakaian adat dengan ciri khas Kolut dalam HUT Kolut kali ini.


"Terimakasih Pak Bupati, atas usahanya menjaga dan mengembangkan budaya leluhur yang telah ditinggalkan untuk kita. Karena itu wajib dijaga, kita bina, dan kita tingkatkan agar menjadi karakter daerah kita," kata Ali Mazi.

Selain persoalan budaya, orang nomor satu di Sultra ini sangat mengapresiasi dan mendukung  program revitalisasi pertanian khususnya revitalisasi kakao yang selama ini dicanangkan Pemkab Kolut.

Gubernur berharap program revitalisasi kakao dapat berjalan sukses dan mampu membawa nama Kolut ke kancah nasional sebagai sentra penghasil kakao. Menurutnya ini penting karena keberhasilan program revitalisasi dapat menghasilkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat besar.

"Saya telah berbincang dengan bupati terkait program revitalisasi kakao dan mungkin nanti akan kita berikan keyakinan kepada Bapak Menteri agar dapat membangun semacam home industry sebagai tempat pembuatan coklat rumahan di Kolut," terangnya.

Lebih lanjut, pasangan Lukman Abunawas ini mejelaskan, Kolaka Utara memiliki potensi besar bagi urat nadi prekonomian masyarakat Sultra dan Kolut secara khusus, mengingat letak wilayah Kolut yang strategis dan merupakan jalur perlintasan trans Sulawesi yang ditopang dengan berbagai kekayaan alam melimpah utamanya sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, dan sektor pariwisata.

"Oleh karena itu, saya selaku pimpinan daerah Sultra mendukung penuh berbagai kebijakan pemerintah daerah Kolaka Utara yang dituangkan dalam visi pembangunan daerah yakni mewujudkan Kolaka Utara Madani dengan salah satu misi utama mengembalikan kejayaan kakao melalui revitalisasi kakao sebagai potensi unggulan untuk meningkatkan prekonomian masyarakat Kolut," jelasnya.

Baca Juga: Drainase di Ringroad Mubar Roboh

Menurut Ali Mazi, berbagai capaian yang telah diraih daerah baik dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik merupakan buah dari kerjasama yang baik dari seluruh komponen serta seluruh lapisan masyarakat dan tidak dapat dipungkiri jika capaian tersebut telah memberi kontribusi positif terhadap percepatan pembangunan daerah di Provinsi Sultra.

"Dengan demikian penting bagi setiap komponen untuk merawat dan meningkatkan kerjasama demi kemajuan bersama di Kolut dan Sultra pada umumnya," harapanya.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga