adplus-dvertising

Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Bupati Butur Ajak Masyarakat Bersatu Lawan COVID-19

Aris, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
789 dilihat
Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Bupati Butur Ajak Masyarakat Bersatu Lawan COVID-19
H. Muh. Ridwan Zakariah di hadapan sidang paripurna istimewa DPRD Butur. Foto: Protokol Sekretariat Daerah Butur

" Rapat paripurna yang dilaksanakan pada hakikatnya adalah rangkaian kegiatan pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia tahun 2021 "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) mengikuti Rapat Paripurna Istimewa bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Butur, Senin (16/8/2021).

Rapat yang digelar di aula sidang DPRD Butur itu dengan acara pokok mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

Dalam sambutannya di hadapan DPRD Butur dan para tamu undangan, Bupati Butur, Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si mengatakan, rapat paripurna yang dilaksanakan pada hakikatnya adalah rangkaian kegiatan pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia tahun 2021.


"Rapat ini mengandung makna dan wujud esensi rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat dan karunia-Nya meridhai semangat perjuangan pergerakan pendiri bangsa dalam melawan penjajahan dan kolonialisme, sehingga pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia dapat mewujudkan kemerdekaannya," imbuhnya.

Selanjutnya, momen tonggak sejarah tersebut yang harus dikenang sepanjang masa selama bangsa Indonesia berada dalam naungan ibu pertiwi, walaupun terpaan, cobaan, yang dihadapi silih berganti, namun semangat bangsa, bernegara dan berpemerintahan yang harus tetap kokoh dipegang dan terpatri di sanubari demi tetap menjaga eksisnya kemerdekaan yang telah diraih dan dicapai para pendiri bangsa.

Sebagai warga negara Indonesia, kata Ridwan Zakariah, kita wajib bersyukur karena kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati hasil jeri payah hasil para pejuang kemerdekaan yang diwariskan kepada kita semua, berupa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah diakui oleh negara-negara di dunia.

"Sudah barang tentu kita wajib menjaga serta mengisinya sesuai amanat proklamasi sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, kata dia sebagai warga negara Indonesia yang baik, dituntut untuk terus berusaha meningkatkan kemampuan dan kualitas diri demi membangun bangsa dan negara Indonesia sesuai dengan profesi yang melekat pada diri masing-masing sebagai warga negara, sehingga Indonesia semakin maju dan dikenal bangsa-bangsa di dunia dengan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni dan mampu bersaing.

Menurutnya, hal tersebut tentunya sangat menyadarkan semua pihak, segenap jajaran aparatur dan segenap lapisan masyarakat di Kabupaten Butur bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indoneasia yang dicintai.

Dikatakan, bahwa cita-cita mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sampai saat ini masih menuntut kerja keras segenap jajaran aparatur jajaran pemerintahan bersama-sama masyarakat di daerah Butur.

Selanjutnya, peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun 2021 yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang menguji daya juang, menguji pengorbanan, menguji kedisiplinan, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat.

Muh. Ridwan Zakariah juga mengajak kepada segenap masyarakat Kabupaten Butur untuk bersama-sama bersatu melawan COVID-19 dengan tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

"Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi di tengah pandemi COVID-19 ini. Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita, kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Mari kita tunjukan bahwa kita bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan, tapi bangsa yang dapat memanfaatkan kesulitan menjadi lompatan kemajuan," ujarnya.

"Situasi yang sulit masih akan kita hadapi, situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras agar kita mampu melewati masa sulit ini," tambahnya.

Baca Juga: Muh. Ridwan Zakariah Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Butur 2021

Baca Juga: Kebijakan Relaksasi Pajak Pemerintah Kota Kendari Dianggap Tepat

Sementara itu, dalam Pidato Kenegaraan yang disiarkan secara virtual, Presiden Ir. H. Joko Widodo mengatakan, Pandemi COVID-19 seperti kawah candradimuka.

"Yang menguji, yang mengajarkan dan sekaligus mengingatkan pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, memaksa kita menghadapi dan mengelolanya," ujarnya.

Selain itu nampak Presiden Republik Indonesia terlihat mengenakan pakaian adat suku Badui.

Presiden juga berterima kasih kepada Ketua Adat Suku Badui yang telah mempersipkan baju adat yang dikenakannya saat berpidato.

Sementara Ketua DPRD Butur, Diwan, S.Pd mengucakan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Butur, Drs. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si dan Wakil Bupati Butur, Ahali, S.H., M.H yang telah hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Butur. (A-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga