Hadiri Vaksinasi Anak, KSK: Kalau Ada yang Sebar Informasi Vaksin Berbahaya, Tangkap Saja

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 25 Januari 2022
0 dilihat
Hadiri Vaksinasi Anak, KSK: Kalau Ada yang Sebar Informasi Vaksin Berbahaya, Tangkap Saja
Launching vaksinasi anak di SDN 1 Unaaha Kabupaten Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Jangan mudah percaya informasi itu, karena anak-anak kita ini pasti sehat, yang parah itu, yang tidak sehat itu, kalau tidak makan "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) berpesan kepada masyarakat terutama orang tua siswa agar tidak mudah percaya Informasi mengenai bahaya vaksin, dan ikut mendukung program dari pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan Kery Saiful Konggoasa saat menghadiri launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN 1 Unaaha, Selasa (25/1/2022).

KSK sapaan Akrab Bupati Konawe itu mengatakan, demi mendukung program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah pusat, ia berpesan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi di luar tentang bahaya yang ditimbulkan oleh vaksin.

"Jangan mudah percaya informasi itu, karena anak-anak kita ini pasti sehat, yang parah itu, yang tidak sehat itu, kalau tidak makan," kata KSK.

Masih kata KSK, negara ini pasti memikirkan yang terbaik untuk menjaga dan melindungi seluruh masyarakatnya dari penyebaran COVID-19.

"Tidak perlu kita takut, ini kepentingan kita bersama, mumpung gratis," ucap mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Lebih lanjut KSK menjelaskan, bahwa tidak mungkin negara memerintahkan vaksinasi kepada anak-anak kita jika dalam keadaan tidak sehat. Terlebih lagi sudah ada dari pihak kesehatan yang akan mengecek keadaan kesehatannya, apakah dia bisa divaksin atau tidak.

"Jika ada oknum yang menyebarkan informasi bahaya vaksinasi, kalau perlu ditangkap saja, PKI itu namanya," tegas KSK.

Dikatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan hal yang normal-normal saja karena sudah diikuti semua elemen masyarakat baik itu yang muda dan lansia, terlebih lagi untuk anak-anak.

"Selama mereka dalam keadaan sehat, vaksinasi ini bisa dilakukan. Mereka kan dulu sudah pernah disuntik campak atau imunisasi, jadi vaksinasi anak ini bukan hal yang baru lagi, apalagi anak kita ini masih sehat-sehat semua," tutupnya.

Di tempat yang sama, Kadis Kesehatan Konawe, Mawar Taligana mengatakan, lounching vaksinasi anak ini dilakukan di 27 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Konawe dengan sasaran vaksinasi sebanyak 27.527 untuk anak pelajar usia 6-11 tahun.

"Kita tidak punya target kapan selesainya, tapi kita berharap berapa program ini bisa secepatnya dilaksanakan agar target ini bisa tercapai," kata Mawar.

Mawar menambahkan, vaksinasi anak ini diupayakan harus ada orang tua siswa yang mendampingi atau gurunya, namun terlebih dulu disosialisasi kepada orang tua agar meyakinkan anaknya untuk mau divaksin.

Baca Juga: Warga Panik, Lombok Diguncang Gempa Magnitudo 4,6

"Stok kita cukup dan jenis vaksin yang kita gunakan Sinovac 0,5," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Unaaha Rusman S.Pd, M.Pd berterima kasih kepada Pemda Konawe dan pihak terkait karena telah melaksanakan vaksinasi anak, telebih lagi Bupati Konawe yang ikut turun langsung memantau kegiatan ini.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati karena sudah mau datang di sini menyaksikan vaksinasi anak kita," katanya.

Baca Juga: Vaksinasi di Buton Telah Capai 78 Persen

Ia menambahkan, vaksinasi di SDN 1 Unaaha dimulai dari kelas 1 sampai 6 dan terlihat antusiasme siswa dan orang tua siswa  begitu tinggi untuk divaksin.

"Saya berterima kasih juga pada orang tua siswa yang mau anaknya divaksin," pungkasnya. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga