Hadirkan Chef Laode, Dinas Perikanan Wakatobi Adakan Cooking Class

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Hadirkan Chef Laode, Dinas Perikanan Wakatobi Adakan Cooking Class
Peserta cooking class saat mempraktikkan menu pertama, Tuna Avocado Salad. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Cooking class merupakan satu rangkaian dengan kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat Wakatobi, salah satu caranya dengan mengadakan kegiatan cooking class di aula Villa Nadila, Minggu (4/6/2023) sore.

Cooking class merupakan satu rangkaian dengan kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan). Sebagai bentuk pelatihan kepada ibu-ibu PKK Kabupaten Wakatobi yang merupakan peserta kegiatan tersebut.

Mengusung tema olahan ikan sehat, kuat dan mencegah stunting, menjadi hal yang digalakkan oleh Dinas Perikanan Wakatobi untuk mengajak masyarakat mengonsumsi ikan.

Baca Juga: Wakatobi Galakkan Gemar Makan Ikan ke Warga

Menghadirkan chef jebolan master chef season 8, Chef Laode dan ahli gizi Sulawesi Tenggara, Sri Yunanci V Gobel, menjelaskan jumlah porsi makan yang baik.

Pada kegiatan tersebut, menu yang didemonstrasikan oleh Chef Laode merupakan masakan yang memanfaatkan bahan pangan ikan. Hal ini untuk meningkatkan kreativitas peserta dalam menyajikan menu makan. Sehingga tingkat konsumsi ikan meningkat.

Chef Laode mendemonstrasikan dua menu, salah satunya Tuna Avocado Salad, hidangan ala Eropa dan steamed fish, masakan ala Chineses.

Setelah didemonstrasikan, kemudian peserta mempraktekkan dengan bahan yang telah disediakan oleh panitia, sesuai yang telah diajarkan Chef Laode.

Kepada Telisik.id, Chef Laode mengungkapkan kekagumannya melihat antusias peserta cooking class.

"Rasanya senang karena bisa sharing ilmu yang pernah dipelajari kepada ibu-ibu di Wakatobi," ucap Chef Laode.

Baca Juga: Ibu Asal Wakatobi Sulap Daun Kelor jadi Keripik, Hasilkan Cuan hingga Jutaan Rupiah

Di lain sisi, salah seorang peserta, Marhum, mengungkapkan perasaan senangnya.

"Karena kegiatan ini saya bisa mendapatkan ilmu baru seperti teknik masak yang belum saya pernah dapatkan. Apalagi ini diajar langsung oleh chef jebolan Master Chef Indonesia," ungkap Marhum.

Tujuan dari kegiatan tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Penguatan Daya Saing dan Pemasaran Hasil Perikanan, Hardin, sebagai upaya untuk masyarakat mengetahui lebih banyak variasi dan lebih kreatif dalam mengolah menu ikan, sehingga meningkatkan minat untuk mengonsumsi ikan. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga