Hado Hasina Ingin Jalan di Sultra Gunakan Aspal Buton

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 25 November 2020
0 dilihat
Hado Hasina Ingin Jalan di Sultra Gunakan Aspal Buton
Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina (tengah), saat pemaparan terkait aspal buton. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Jadi kita ingin aspal buton ini menjadi raja di rumah sendiri. Hanya ada di Buton, serta potensinya sampai 600 juta ton dan bisa dipakai hingga 300 tahun ke depan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sultra, Hado Hasina, menganjurkan agar setiap pengaspalan jalan dapat menggunakan aspal buton.

Keinginan tersebut, kata Hado Hasina, bukan tanpa alasan. Aspal buton ini dari segi kualitas sudah bagus bahkan sudah dilakukan kajian lapangan dan hasilnya memenuhi standar nasional.

Adapun kegagalan yang pernah terjadi, lanjut dia, bukan karena aspalnya yang bermasalah. Akan tetapi, dari orangnya yaitu pengawasnya yang kurang memahami standar yang disyaratkan.

"Bukan faktor aspalnya, tapi juga faktor SDM pengawasnya. Kalau orang yang mengawasi itu orang yang tidak tahu, maka pasti juga akan tidak bagus jadinya," kata Hado Hasina pada Workshop Pemanfaatan Asbuton Granular Mendukung Program Padat Karya Bidang Transportasi dan Sosialisasi Pembentukan Forum LLAJ di Kabupaten/Kota se-Sultra, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Wakil Wali Kota Kendari Pantau Pembangunan Drainase Jelang Musim Hujan

Selain itu, mantan Kadis PU ini juga menilai, tidak dipakainya aspal buton ini dikarenakan orang daerah sendiri yang tidak mau pakai. Padahal, bila dibandingkan dengan aspal dari luar, aspal buton ini lebih murah dan kualitasnya cukup baik.

"Jadi kita ingin aspal buton ini menjadi raja di rumah sendiri. Hanya ada di Buton, serta potensinya sampai 600 juta ton dan bisa dipakai hingga 300 tahun ke depan," tambahnya.

Olehnya karena itu, pemerhati aspal buton ini menerangkan, apabila aspal buton ingin dipakai oleh daerah, maka ada tiga instansi yang bisa membelinya, yaitu Dirjen Bina Marga, kepala dinas PU provinsi dan kabupaten/kota yang ada di daerah.

"Jadi sangat efektif untuk memanfaatkan aspal buton ini di Kabupaten. Kalau kita mau, sepanjang jalan di Sultra bisa kita pakai aspal ini. Nanti pengaspalan terminal juga akan menggunakan aspal buton," jelasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga