Haerul Saleh Dukung Gubernur Ali Mazi Pinjam Dana ke PT SMI

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 29 Oktober 2020
0 dilihat
Haerul Saleh Dukung Gubernur Ali Mazi Pinjam Dana ke PT SMI
Anggota DPR RI, Haerul Saleh. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Tidak dikenai bunga. Sama kayak penambahan APBN karena tidak ada beban bunga. Hanya tetap saja APBD terpotong. Tenornya panjang 10 tahun, jadi bisa lebih ringan dipotong. "

KENDARI, TELISIK.ID - Politisi Gerindra, Haerul Saleh mendukung opsi pinjaman dana yang dilalukan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Peminjaman dana tersebut guna percepatan pembangunan Rumah Sakit Khusus Jantung dan Pembuluh Darah.

Bahkan ia menyambut positif langkah diambil oleh Ali Mazi, sepanjang utang itu dilakukan untuk membangun fasilitas publik yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

Apalagi katanya, skema pinjaman ke PT SMI kini jauh lebih menguntungkan bagi daerah karena nihil bunga.

“Tidak dikenai bunga. Sama kayak penambahan APBN karena tidak ada beban bunga. Hanya tetap saja APBD terpotong. Tenornya panjang 10 tahun, jadi bisa lebih ringan dipotong,” ujar Haerul Saleh, Kamis (29/10/2020).

Lebih lanjut ia menuturkan, meski strategi pinjaman mewariskan utang, program digagas Ali Mazi tersebut dinilai sangat bermanfaat. 

Baca juga: Pemkot Belum Serahkan Draf Perda Prokes

“Sepanjang itu untuk kepentingan masyarakat Sultra, saya pasti dukung,” ungkapnya.

Sebelumnya, dukungan yang sama disampaikan Haerul Saleh atas pinjaman Wali Kota Kendari, Sulkarnain untuk program pembangunan rumah sakit ke PT SMI.

Kendati mendapat dana talangan dari PT SMI, kata Haerul Saleh, pinjaman Pemkot Kendari masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang bergulir di masa pandemi COVID-19.

Skemanya simpel dan ada ‘bonus’ relaksasi. Sementara utang Pemprov masuk dalam skema pinjaman reguler, di mana syaratnya jauh lebih ribet di banding skema PEN yang diterima Pemkot Kendari.

Ia pun berharap kepala daerah bisa memanfaatkan peluang pinjaman dana di PT SMI guna akselarasi program pembangunan infrastruktur di daerah masing-masing.

“Kalau Pak Wali Kota Kendari pinjaman ke SMI masuk dalam program PEN , kalau gubernur reguler. Rumah sakit ini jika dibangun dengan baik akan beri kontribusi PAD,” pungkas Haerul Saleh. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga