Haji Lulung Wafat karena Serangan Jantung, Ini Profilnya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 14 Desember 2021
0 dilihat
Haji Lulung Wafat karena Serangan Jantung, Ini Profilnya
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio saat menjenguk politikus PPP, Abraham Lunggana atau Haji Lulung, yang tengah dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta Barat. Foto: Repro Suara.com

" Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau yang akrab disapa Haji Lulung dikabarkan meninggal dunia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar duka datang dari dunia perpolitikan tanah air. Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau yang akrab disapa Haji Lulung dikabarkan meninggal dunia.

Kabar ini dibenarkan oleh anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi. Ia menyebut Haji Lulung wafat hari ini, Selasa (14/12/2021) siang.

"Baru saja kabar dukacita. Ketua DPW PPP DKI abangda Haji Lulung Meninggal Dunia pada Selasa, 14 Desember'21 Jam 10.51 WIB

di RS Harapan Kita," ujar Baidowi, dilansir Suara.com - jaringan Telisik.id, Selasa (14/12/2021).

Baidowi pun meminta doanya kepada masyarakat untuk kepergian Haji Lulung. Ia berharap segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh Haji Lulung dimaafkan.

Sebelum wafat, politikus Abraham Lunggana alias Lulung dilarikan ke Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, karena serangan jantung. Kondisinya membaik setelah mendapatkan perawatan medis.

Baca Juga: Seleksi Calon Sekda Muna Masuk Babak Akhir

Kabar ini sekaligus menepis isu yang beredar yang menyebutkan kondisi Lulung memburuk terus.

Kabar itu disampaikan oleh kolega Lulung, anggota DPRD Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional Guruh Tirta Lunggana.

"Bahwa benar adanya saat ini Haji Lulung sedang mengalami gangguan kesehatan jantung," kata Guruh.

Lahir pada 24 Juli 1959, Haji Lulung merupakan anak ketujuh dari sebelas bersaudara, ayahnya yang bernama Ibrahim Tjilang, adalah seorang tentara BKR berpangkat Peltu. Sementara sang ibu, merupakan keturuan dari KH. Abdullah Syafi'i, seorang pendiri Perguruan Islam Asy-Syafiiyyah.

Haji Lulung pernah menjabat sebagai anggota DPR RI untuk daerah pemilihan DKI Jakarta III (Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara) sejak 2019 hingga 2021 di Komisi VII.

Sebelum itu, ia juga merupakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sejak tahun 2014 hingga mengundurkan diri pada 2018.

Tak hanya bergelut dalam dunia politik, Haji Lulung juga seorang pengusaha yang memiliki sejumlah perusahaan.

Sebagai pengusaha, Haji Lulung memiliki sejumlah perusahaan seperti PT Putraja Perkasa, PT Tirta Jaya Perkasa, koperasi Kobita, PT Tujuh Fajar Gemilang, dan PT Satu Komando Nusantara yang bergerak dalam bidang jasa keamanan, perparkiran, dan penagihan utang.

Baca Juga: Besok, Anak Usia 6 - 11 Tahun di Jatim Divaksinasi

Sementara itu, dalam organisasi, Haji Lulung turut aktif dalam PPM, AMPI, Karang Taruna, dan turut mendirikan ormas Gerak Betawi dan menjadi Sekretaris Jenderal Bamus Betawi, dan saat ini resmi sebagai Ketua Umum Bamus Betawi 2018-2023.

Dalam politik, haji Lulung berafiliasi dengan tiga partai politik. Pada tahun 2002 ia bergabung dalam Partai Bintang reformasi (PBR) dan sempat menjabat sebagai sebagai Ketua DPC PBR Jakarta Barat. Pada 2004, Haji Lulung kembali menjadi kader PPP dan terpilih menjadi Ketua DPC PPP Jakarta Pusat.

Pada 2018, bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari partai tersebut. Namun, kemudian Haji Lulung kembali bergabung dalam PPP.

Selain sebagai seorang pengusaha dan politikus, selaku pengacara, ia juga memiliki advokasi bernama Lunggana Advocate & Friends di Tanah Abang. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga