Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Pindah Rumah Baru

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 08 September 2023
0 dilihat
Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Pindah Rumah Baru
Pindah ke rumah baru menjadi pengalaman menyenangkan, tetapi juga memberikan tantangan tersendiri. Sebab, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pindah rumah. Foto: Bp-guide.id

" Ada beberapa alasan membuat Anda pindah rumah, bisa jadi karena rumah lama sudah tak memenuhi syarat, atau karena kita hendak membentuk keluarga baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada beberapa alasan membuat Anda pindah rumah, bisa jadi karena rumah lama sudah tak memenuhi syarat, atau karena kita hendak membentuk keluarga baru.

Pindah ke rumah baru menjadi pengalaman menyenangkan, tetapi juga memberikan tantangan tersendiri. Sebab, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pindah rumah, dari memilah barang-barang yang akan dibawa, mengemas barang, hingga mengurus berbagai macam dokumen. 

Berikut hal yang harus Anda lakukan saat pindah ke rumah baru dikutip dari Kompas.com dan homofiy.co.id:

1. Pastikan telah siap

Tempat tinggal sempurna bukan hanya rumah yang indah, namun juga tetangga sekitar yang ramah dan menghargai privasi. Apalagi jika interior rumah telah tertata sesuai selera Anda.

Baca Juga: Lakukan 5 Langkah Ini Kecilkan Perut Buncit, Tanpa Diet dan Olahraga

Jika Anda memutuskan untuk membangun rumah di atas lahan kosong, kondisi lahan harus diamati dan diperiksa menyeluruh sebelum membuat konstruksi apapun. Demikian juga bila Anda hendak merenovasi rumah sebelum ditempati. 

2. Lakukan pembersihan

Hal yang harus dilakukan saat pindah ke rumah baru adalah pembersihan mendalam dan menyeluruh pada hunian. Ini akan membuat rumah terasa lebih bersih dan nyaman serta membantu Anda menemukan masalah atau kerusakan yang mungkin ada di rumah baru.

3. Periksa peralatan

Setelah pindah ke rumah baru, penting memeriksa semua peralatan yang ada di dalam. Hal bertujuan memastikan semua peralatan berfungsi baik dan tidak ada kerusakan. 

4. Pindah di hari baik

Menurut kepercayaan di sejumlah suku di Indonesia, pindah rumah sebaiknya dilakukan pada hari-hari tertentu agar masa depan kita lebih baik saat tinggal di rumah baru.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan yang Bisa Bikin Pisau Tumpul dan Rusak

Anjuran ini tidak mengandung klenik, justru sangat masuk akal. Perabotan rumah yang dibawa dengan mobil bak terbuka rentan terpapar air hujan jika pindah rumah di musim hujan. Selain itu, pindah rumah di bulan Puasa tentu akan membuat mereka yang berpuasa kelelahan dan mudah haus. 

5. Jangan pindah di malam hari

Ditinjau dari sisi ilmiah, memindahkan atau mengangkut barang di malam hari cukup berisiko. Sangat mungkin perabotan tidak di-packing dengan benar, atau diletakkan di tempat yang seharusnya.

Terutama jika ada anggota keluarga yang berkacamata minus maupun plus. Idealnya, proses pindah rumah dilakukan sejak pagi hari dan berakhir jam 1 siang agar pemilik rumah bisa beristirahat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga