Hal yang Harus Dilakukan jika Kepergok Anak Saat Bercinta

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Hal yang Harus Dilakukan jika Kepergok Anak Saat Bercinta
Orang tua yang dipergoki anaknya saat bercinta harus hati-hati untuk memberi penjelasan kepada anak. Foto: Repro Theasianparent.com

" Apabila kepergok oleh anak saat sedang berhubungan, langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah tetap tenang, dan jangan sampai panik "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasangan suami istri harus lebih hati-hati dalam melakukan hubungan seks. Mereka harus pintar membagi momen saat buah hatinya tertidur atau pergi bermain baru bisa melakukannya.

Namun, bagaimana jika anak menangkap basah orang tuanya yang sedang berhubungan badan?

Berikut hal-hal yang harus dilakukan orang tua apabila ketahuan sedang bercinta, dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id dan Pop.grid.id.

1. Jangan Panik

Apabila kepergok oleh anak saat sedang berhubungan, langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah tetap tenang, dan jangan sampai panik. Serta hindari untuk memarahi anak.

2. Meminta Maaf

Ketika suasana sudah kondusif dan tenang, awali dengan meminta maaf pada anak jika ia merasa terusik atau tidak nyaman.

Baca Juga: Sebanyak Apa Pria Memikirkan Seks Dalam Sehari? Ini Jawabannya

Lalu tanyakan bagaimana perasaan anak, apabila anak sudah cukup besar (praremaja) jangan sungkan untuk bertanya mengenai seputar hubungan seks yang sudah ia ketahui.

3. Berikan Penjelasan Sesuai Usia Anak

Jangan menutup-nutupi yang sudah terjadi pada anak. Setelah kepergok oleh anak dan kondisi sudah tenang, orang tua sebisa mungkin memberikan penjelasan sesuai dengan usia si anak.

Misal, pada anak usia di bawah 3 tahun beri penjelasan kalau ibu dan ayah tidak menyakiti satu sama lain, tetapi sedang menikmati waktu berdua.

Sementara pada anak usia 5 tahun ke atas, orang tua bisa menjelaskannya dengan cara mengenai proses bayi dibuat. Kemudian pada anak yang sudah remaja, sampaikan pemahaman bahwa hubungan seks hanya boleh dilakukan oleh pasangan yang resmi sudah menikah.

4. Jelaskan Edukasi Seks pada Anak

Berikan penjelasan seputar pemahaman seks ketika anak sudah merasa nyaman, jika anak masih merasa canggung jangan dulu dipaksakan.

Baca Juga: Ini Ciri Hubungan Suami Istri yang Menyenangkan Menurut Dokter Boyke

Pasalnya edukasi seks merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh anak agar memiliki pandangan dan sehat terhadap organ reproduksi dan seksualitas.

Hindari penggunaan istilah lain pada organ intim karena bisa membuat anak merasa semakin bingung. Lantaran masih banyaknya informasi yang keliru mengenai seks yang beredar di sekitar anak.

Sehingga penting bagi orang tua untuk memastikan pemahaman seks pada anak sesuai dengan usianya itu sudah terkendali dengan baik agar tidak merusak persepsi anak tentang seks. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga