Hal yang Perlu Ditulis dalam Pendaftaran PPPK Guru 2022 di Portal SSCN, Wajib Diperhatikan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
Hal yang Perlu Ditulis dalam Pendaftaran PPPK Guru 2022 di Portal SSCN, Wajib Diperhatikan
Seleksi PPPK Guru 2022 sudah dimulai. Foto: Okezone.com

" Seleksi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja jabatan fungsional guru atau PPPK Guru 2022 sudah dimulai "

JAKARTA, TELISIK.ID - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja jabatan fungsional guru atau PPPK Guru 2022 sudah dimulai.

Pendaftaran PPPK Guru 2022 juga sudah dimulai pada Senin (31/10/2022), sejak pengumuman seleksi diumumkan.

Melansir Serambinews.com, adapun proses pendaftaran PPPK Guru dilakukan melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), di sscasn.bkn.go.id. Dalam proses pendaftaran di portal tersebut, terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh pelamar.

Bagi pelamar yang sudah memiliki akun SSCASN, maka tidak perlu membuat akun baru. Mulai dari pendaftaran akun SSCASN, mengisi biodata, memilih jenis seleksi hingga pengisian riwayat hidup dan mengunggah dokumen.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Merawat Motor Biar Lebih Hemat BBM

Pelamar yang sudah memiliki akun SSCASN cukup memperbarui data dan langsung melakukan pendaftaran.

Namun bagi yang belum memiliki akun SSCASN, maka diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Khusus pada tahap pengisian riwayat hidup, pelamar diminta untuk mengisi sejumlah data yang meliputi riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pengalaman organisasi, hingga pengalaman kursus/pelatihan dan pengembangan profesi.

Selain itu, pada tahap ini, pelamar juga diminta untuk mengisi deskripsi diri. Pengisian deskripsi diri ini terkadang membuat pelamar bingung terkait hal apa saja yang harus dituliskan untuk menggambarkan dirinya.

Pasalnya, dalam menulis deskripsi diri, ada batas karakter yang ditentukan, yaitu maksimal 3000 karakter. Nah agar tidak bingung, berikut ada beberapa hal atau poin yang bisa disertakan dalam deskripsi diri pada pendaftaran PPPK Guru 2022.

Dikutip dari Buku Panduan Pendaftaran CASN 2022 untuk PPPK Guru, kolom deskripsi diri ditulis dalam bentuk essay yang menggambarkan sosok diri pelamar.

Adapun yang hal yang harus dituliskan yakni berkaitan dengan bidang pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu, dalam sebuah artikel yang dipublikasikan di laman 123dok.com, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait deskripsi diri sebagai seorang guru.

Baca Juga: 4 Teknik Mudah Relaksasi untuk Mengatasi Stress

Dijelaskan, deskripsi diri merupakan alat untuk menjelaskan keunggulan atau kebanggaan pribadi atas prestasi atau konstribusi yang telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai guru, khususnya terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.

Dalam deksripsi diri ini, bisa juga diuraikan apa saja yang telah dilakukan, yang dapat dianggap sebagai pengalaman bermakna atau kontribusi bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.

Selain itu, dalam menulis deskripsi diri, juga perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang dialami atau dilakukan dalam menjalankan profesi guru.

Pada poin ini, bisa dideskripsikan perannya sebagai motivator, inspirator, fasilitator hingga menumbuhkan rasa keingintahuan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga